Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Walikota Sutiaji : Adaptif, Karakter yang Kuat dan Visioner

Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji menjadi narasumber dalam program Salam Indonesia spesial live di channel youtube dan Instragram menjelaskan tiga prinsip utama yang menjadi pijakan Kota Malang untuk bangkit di masa pandemik. Tiga hal tersebut adalah adaptif, karakter yang kuat, dan visioner. “Adaptif dan identitas diri, nomer tiga futuristik atau visioner. Jangan pernah memandang bahwa hari ini cukup hari ini, harus kedepan. Sehingga dia punya idealis punya gagasan terus-menerus karena punya masa depan” ujar Pak Aji (16/6/2021).

Adaptif pada masa pandemi covid-19 dengan menyesuaikan diri dengan keadaan. Meskipun masih dalam masa pandemik covid-19 bukan berarti kreatifitas terhenti. Justru dalam situasi seperti ini, kata Pak Aji panggilan akrab Walikota Malang, kreatifitas harus terus diasah dan dimaksimalkan. Konsep tersebut kemudian dipadukan dengan cara berfikir yang visioner.

Kota Malang mulai membangun kembali sektor perekonomian. Tulang punggung utamanya adalah sektor ekonomi kreatif UMKM. Demi memaksimalkan hal tersebut, Pemkot Malang menginisiasi adanya Malang Digital Service (Maldis). Hal tersebut dilakukan untuk mendekatkan produsen dan konsumen. Hal itu dilakukan karena saat ini kekuatan ekonomi mulai bergeser dari transaksi langsung menuju e-commerce. “Bagaimana antara demand dan perusahaan bisa nyambung harus kita kuatkan itu,” ujar Walikota Malang.

Selain Maldis ada 4 lagi strategi percepatan yaitu Malber (Malang berbagi), penguatan penthahelix selama masa covid 19, Malherb (Malang Herbal), pengembangan produk herbal sebagai alternatif suplemen kesehatan masyarakat, Malpro (Malang Beli Produk Lokal), mendorong penguatan ekonomi dan UMKM Lokal dan Malba (Malang Bahagia), puncaknya adalah Malang bahagia. “kalo bahagia, imunnya kuat. Kalo memandang sesuatu jangan hanya dilihat saat ini, tapi apa sih yang terjadi dan bagaimana kita bisa mengatasi,” pungkas Walikota Sutiaji.

Selanjutnya banyak netizen dalam live chat youtube menyampaikan kerinduannya akan Kota Malang seperti Citra Zainuri, Faizal Ardiyadi, Ratna Mega Yunita dan Naomi Silitonga. (EM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *