Gubernur Jawa Timur Tinjau TPA Supiturang di Wilayah Kota Malang

Malang – Dalam rangka terwujudnya pengelolaan sampah yang maksimal di wilayah Kota Malang; Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan langsung ke TPA Supiturang pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021.

Didampingi Walikota Malang, Sutiaji dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Wahyu Setyanto; orang nomor satu di Jawa Timur tersebut melihat langsung lokasi pembuangan sekaligus pengolahan sampah yang ada di TPA Supiturang.

Menurut Walikota Sutiaji, pengoperasian sanitasy landfill yang akan segera dilaksanakan saat tenaga terampil yang telah dilatih siap. Kami adalah salah satu yang ditunjuk oleh Kementerian PUPR maka tentu akan segera kami tindaklanjuti. “Anggaran operasionalnya pun telah disiapkan di tahun 2021 ini” ujarnya.

Lebih jauh, Sutiaji mengatakan bahwa apa artinya pembangunan ini jika tidak dimanfaatkan; maka tentu sosialisasi pada masyarakat untuk memilah sampah akan terus dilaksanakan secara masif.

Sementara itu, Gubernur Khofifah menekankan agar Kota Malang dapat melakukan pengolahan sampah dan memasarkan hasilnya sampai ke Kabupaten / Kota sekitarnya agar dapat digunakan sebagai kompos pertanian. “Potensinya cukup besar; Kota Malang dapat mengolah 400 ton sampah per harinya” kata Khofifah.

Multiflier profitnya, imbuhnya, menurut saya cukup besar; para petani dapat memanfaatkan kompos dari proses pengolahan sampah disini; sehingga proses tersebut bisa memberikan nilai tambah.

“Harapannya, dua tahun kedepan kita dapat menjadikan lokasi ini sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS)” tandasnya. (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment