Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Apel Akbar Kesiapan Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019

Malang (12/4)  Petugas pengawas TPS se-Kota Malang yang berjumlah total 2.365 orang hadir di Alun-Alun Kota Malang mengikuti Apel Akbar Pengawasan. Hadir dalam kegiatan ini Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, Kapolresta Malang AKBP ASFURI, SIK, Komandan Kodim 0833 Malang Kota Letkol Inf Tommy Anderson, Ketua Bawaslu Kota Malang Alim Mustofa dan Ketua KPU Kota Malang Zaenudin.

Ketua Bawaslu Kota Malang, Alim Mustofa menyampaikan hasil pendataan kerawanan terhadap potensi pelanggaran pemilu Kota Malang tergolong rawan sedang. Ada berbagai kerawanan yang harus diantisipasi seperti money politics dan hoax yang tersebar. “Momen pemilu adalah momen pembangunan demokrasi. Oleh sebab itu kita wajib menjaga marwah demokarsi yang substansi. Ujung tombak dari pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemilu di tahun 2019 ini adalah  pengawas TPS ” pungkas Alim.

Pengarahan Walikota Malang Sutiaji dalam apel ini menyampaikan pentingnya 3 paradigma dan tujuan Pemilu yaitu memilih yang memiliki kompetensi, integritas dan mempunyai nilai-nilai moral. “Bawaslu mempunyai otoritas yang penuh bagaimana mengawasi. Kami jamin bersama-sama kami datang bertiga ada Kapolres, ada Dandim. Kami menjamin ketika ada hal-hal yang tidak benar, tolong sampaikan dengan tegas, ndak usah panjengan takut oleh intimidasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab” ujarnya.

“Sesungguhnya sebagai pengawas pemilu amat sangat berat. Bagaiamana tidak ada intrik-intrik yang transaksional. Perang terhadap hoax, perang terhadapa fitnah, isu SARA, isu-isu yang membuat bercerai-berainya kerukunan anak bangsa yang sudah dibingkai dalam puluhan dan bahkan ratusan tahun yang utuh oleh bangsa Indonesia dirawat dengan baik.“ pungkas Sutiaji. (EM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *