Marlinda : Perpustakaan Ada, Untuk Menunjang Kota Malang Sebagai Kota Pendidikan

Malang – Pemerintah Kota Malang (7/2) menerima kunjungan kerja dari Rombongan Komisi X DPR RI di Ruang Sidang Balai Kota Malang. Turut hadir pula Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Malang DR. Supranoto, M. kes dan Anggota Komisi X DPR RI beserta rombongan yang dipimpin oleh DR. Marlinda Irwanti, SE, M.si. Kunjungan kali ini terkait dengan minat baca dari masyarakat di Indonesia khususnya di Kota Malang.

Menurut Supranoto, Kota Malang memiliki motto “Tribina Cita” yang artinya Malang sebagai kota pendidikan, kota industri dan juga pariwisata. Karena hal itu Pemerintah Kota Malang juga berupaya mengimbangi dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan. Salah satunya adalah keberadaan sebuah perpustakaan yang represetatif dan modern karena didukung oleh perangkat teknologi komunikasi. Pelayanan di perpustakaan Kota Malang dilakukan secara profesional dengan komitmen “pelayanan setulus hati”, ujar Supranoto selaku Asisten Administrasi Umum Pemerintah Malang.

Selama ini tercatat di UNESCO minat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,01%. UNESCO menetapkan 1 orang membaca 2 buku, namun di Indonesia 1 buku di baca hingga 15 orang. Dengan ini DPR RI ingin bekerja sama dengan Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya Kota Malang.

Selain itu, Pemerintah Kota Malang juga menjalankan program 1 kelurahan memiliki 1 perpustakaan kelurahan, 1 taman baca masyarakat dan 1 pengelola arsip kelurahan. Ditambah dengan program perpustakaan keliling yang melayani lembaga pendidikan mulai paud hingga SLTA, pondok pesantren, rumah ibadah, panti asuhan, taman baca masyarakat dan lembaga permasyarakatan guna menjangkau seluruh pelosok Kota Malang. Tentu apa saja yang sudah dilakukan ini mampu mengantarkan Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang meraih penghargaan top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2017 dari Kemenpan RI.

“kami beserta rombongan ingin meningkatkan minat baca di Indonesia dari 24% menjadi 50% pada tahun 2019” ujar Marlinda disela-sela sambutannya. Marlinda mengapresiasi upaya Komunitas Taman Baca yang ada di Kota Malang untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat membaca. (nbl/wb)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment