Kelurahan Sawojajar Raih Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur

Berkat Aplikasi SINGO, Kelurahan Sawojajar Raih Juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur.

SINGO merupakan sebuah aplikasi layanan online milik Kelurahan Sawojajar. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengurus perizinan yang berhubungan dengan perangkat kelurahan dengan mudah, apalagi aplikasi ini sudah terintregasi dengan E-KTP. Masyarakat hanya perlu mengakses website resmi kelurahan dan memilih menu layanan yang dibutuhkan.

Aplikasi SINGO ini juga yang akhirnya berhasil membawa Kelurahan Sawojajar menembus persaingan dan meraih Juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur. Terpilihnya Kelurahan Sawojajar ini diketahui dari Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/338/ KPTS/ 013/2017 tentang Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2017. Atas raihan prestasi tersebut, Kelurahan Sawojajar berhasil meraih thropy tetap, piagam penghargaan serta uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah. Sebelumnya Kelurahan Sawojajar sudah melalui tahap penilaian baik secara administrasi maupun tinjauan lapangan.

Dalam lomba ini, Kelurahan Sawojajar berhasil mengungguli kelurahan – kelurahan lainnya, seperti Kelurahan Mangunharjo, Kota Madiun (Juara II), Kelurahan Putat Jaya (Juara III), dan Kelurahan Jati, Probolinggo (Juara Harapan I). Dalam kiprahnya, Kelurahan Sawojajar juga pernah meraih Otonomi Award Lurah – Camat 2017, yang digelar oleh Pemkot Malang dan Jawa Pos Radar Malang.

Menurut Lurah Sawojajar, JA Bayu Widjaja, aplikasi SINGO ini sejatinya sudah dibuat sejak tahun 2016. Dalam proses pembuatannya, ia menggandeng Rajajowas Community. Ia juga menjelaskan bahwa aplikasi SINGO milik Kelurahan Sawojajar ini bukan sekedar layanan online biasa. Aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store ini dinilainya sangat praktis dan efisien, karena semua masyarakat Kelurahan Sawojajar dapat menggunakannya untuk berbagai jenis layanan tanpa harus dengan syarat yang banyak. “Salah satu poin yang membuat juri terkesan adalah aplikasi SINGO ini. Alhamdulillah berkat kerja keras semua masyarkat, staf, dan bimbingan Abah Anton (Walikota Malang), Sawojajar menang di tingkat provinsi” tambah Bayu kemudian.

Walikota Malang, H. Moch Anton menyampaikan ucapan selamatnya. “Jika tanpa dukungan seluruh elemen masyarakat dan warga Kelurahan Sawojajar, prestasi tersebut akan sulit untuk kita raih” ujar Anton.“Saya juga berharap agar nantinya Kelurahan Sawojajar juga mampu mewakili Jawa Timur di tingkat nasional sehingga nama harum Kota Malang akan semakin terpatri di kancah nasional” tambah Anton. (Nd)

Malang – Setelah melalui berbagai tahapan penilaian baik secara administrasi dan tinjauan lapangan. Akhirnya Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedung Kandang berhasil meraih juara I dalam ajang lomba desa dan kelurahan Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

Terpilihnya Kelurahan Sawojajar tersebut ditetapkan secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo melalui SK Gubernur Jatim no. 188/338/KPTS/013/2017 tentang Pemenang Lomba Desa dan kelurahan Provinsi Jawa Timur.

Kelurahan Sawojajar dibawah pimpinan Lurah J.A. Bayu Widjaya tersebut berhasil mengalahkan Kelurahan Manguharjo Kota Madiun, Kelurahan Putat Jaya Kota Surabaya dan Kelurahan Jati Kota Probolinggo.

Atas raihan prestasi tersebut, Kelurahan Sawojajar berhasil meraih thropy tetap, piagam penghargaan serta uang pembinaan sebesar 20 juta rupiah.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan, Sri Winarni selaku koordinator kegiatan di tingkat Kota Malang menyampaikan bahwa dana pembinaan yang nantinya akan diterima oleh Kelurahan Sawojajar dapat digunakan sebagai dana pengembangan sarana dan prasarana pembangunan di Kota Malang khususnya di wilayah kelurahan Sawojajar. “Kami sangat senang dan berbangga hati atas torehan prestasi tersebut sehingga Kelurahan Sawojajar mampu ikut serta mengharumkan nama Kota Malang; selain itu, rasa lelah serta kerja keras kami untuk mempersiapkan lomba tersebut telah terbayar dengan membanggakan” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Malang, H. Moch Anton atau yang kerap disapa Abah Anton tersebut menyampaikan ucapan selamatnya bagi Kelurahan Sawojajar dan seluruh warganya. “Jika tanpa dukungan seluruh elemen masyarakat dan warga Kelurahan Sawojajar, prestasi tersebut akan sulit untuk kita raih” ujar Abah Anton.

“Saya juga berharap agar nantinya Kelurahan Sawojajar juga mampu mewakili Jawa Timur di tingkat nasional sehingga nama harum Kota Malang akan semakin terpatri di kancah nasional” tambah Abah Anton pada saat menghadiri acara di Kementerian Negara Koperasi dan UMKM pada Jumat pagi (16/6). (Ts)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment