Berita TerbaruDokumentasiHeadline

BLH Pemerintah Kabupaten Tapin Kalsel Pelajari Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata

Malang  ̶  Dalam rangka mempelajari pelaksanaan sekolah adiwiyata, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Malang pada Kamis, (24/11) bertempat di Ruang Rapat 1 (satu), Balaikota Malang. Kunjungan ini diterima langsung oleh Asisten Administrasi Pembangunan (Asisten 2), Ir. Budi Herwanto, MT, dan didampingi oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kota Malang. Sedangkan rombongan tamu berjumlah 48 orang dipimpin oleh Kepala BLH Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Drs. H. Zain Arifin, MM.

Dalam sambutan Walikota yang dibacakan oleh Budi Herwanto menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran rombongan tamu BLH Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan dan atas terselenggaranya kegiatan ini.

Budi manyampaikan Kota Malang memiliki luas wilayah ± 110,06 km² dengan 5 wilayah kecamatan dan 57 wilayah kelurahan dan dengan jumlah pertumbuhan penduduk saat ini ± 900, 870.

“Dulu penduduk kita itu masih dibawah 500.000 sekarang sudah hampir 900. 870 sekian, belum ditambah dengan mahasiswa yang kurang lebih 350.000 mahasiswa.” ujarnya.

Menurut Budi, BLH merupakan salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Malang disamping dengan adanya pembangunan dalam bidang pendidikan. Kota Malang memiliki motto tri bina cita yakni, malang sebagai kota pendidikan, kota pariwisata, dan kota industri.

Pembangunan di bidang pendidikan merupakan prioritas utama dalam gerak pembangunan di Kota Malang. Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Malang telah mengembangkan jenis dan fasilitas pendidikan yang ada menurut UU No. 20 Tahun 2003, dengan beberapa pengembangan program unggulan seperti diantaranya : penerimaan peserta didik baru dengan system online dan rayonisasi, pengembangan pendidikan vokasi, serta inklusif dan sekolah model.

“Nah, pendidikan ini memang terus kita lakukan untuk percontohan. Dan tentunya akan kita upayakan untuk bisa mendapatkan nilai-nilai yang baik.” tambahnya.

Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kota Malang senantiasa mengimbanginya dengan melaksanakan berbagai program pembangunan, dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di Kota Malang. Salah satunya dengan melaksanakan Program Adiwiyata.

Disisi lain Kepala BLH Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Drs. H. Zain Arifin, MM selaku leading sector dalam kegiatan kunjungan ini menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kota Malang yang telah menerima kunjungan BLH Kabupaten Tapin Kalsel.

Arifin mengungkapkan tujuan dari adanya kegiatan kunjungan ini  adalah untuk menjalin silaturahmi dan juga sekaligus menambah dan memperluas wawasan Pemerintah Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan dalam hal pelaksanaan sekolah adiwiyata yang telah berhasil di Kota Malang, yang ditandai dengan kunjungan lapangan ke SMPN 10 Kota Malang.

Dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalisasikan pendidikan di daerah Kabupaten Tapin, Arifin berharap melalui kunjungan ke Pemerintah Kota Malang ini,  Kabupaten Tapin nantinya dapat mensejajarkan diri dengan Pemerintah Kota Malang dan dapat mengejar ketertinggalan selama ini.

“Dengan adanya pembelajaran ini, kami berharap kami dapat meningkatkan program adiwiyata secara berkelanjutan.” tegasnya. Acara diakhiri dengan tukar menukar cinderamata. (Lr)

WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.52 PM (1) WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.52 PM WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.51 PM WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.50 PM WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.48 PM WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.46 PM WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.45 PM WhatsApp Image 2016-11-24 at 2.01.44 PM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *