Mendikbud buka LKS ke XXIV tahun 2016

Bertempat di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang pada hari Senin (23/5), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan membuka secara resmi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXIV tahun 2016. Hadir pula pada acara tersebut adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf dan Walikota Malang, H. Moch Anton.

LKS tersebut diikuti oleh 1.152 siswa siswi SMK terbaik di Indonesia yang telah melewati seleksi tingkat provinsi. Dengan mengambil tema “pengembangan kompetensi siswa beserta ekosistem SMK dalam pembentukan akhlak, sikap dan karakter”, kegiatan tersebut akan dilaksanakan sejak tanggal 23 s/d 27 Mei 2016.

Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan bahwa LKS kali ini diadakan dalam rangka memacu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja.

Dari hasil pelaksanaan lomba LKS ini, para pemenang akan dibina dan dilatih khusus untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia World skill competition sebagai wakil dari Indonesia di Abu dhabi tahun 2017 mendatang.

LKS merupakan ajang bergengsi pembuktian kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap penyerapan dan pengaplikasian pembelajaran di sekolah. Pada LKS kali ini terdapat 52 bidang lomba yang dikompetisikan.

Melalui kegiatan ini pula, diadakan program keluarga sebangsa yang bermakna bahwa selama berada di Kota Malang, anak-anak peserta lomba yang berasal dari seluruh Indonesia, akan menginap di rumah-rumah warga di Malang. “Hal ini penting untuk membangun kesadaran mereka, bahwa Indonesia itu memang beragam” ujar anies.

Melalui program keluarga sebangsa pula, gelaran pelaksanaan LKS menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

WhatsApp-Image-20160523(2) WhatsApp-Image-20160523(1) WhatsApp-Image-20160523

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment