Berita Terbaru

Pj. Walikota Malang : Pastikan Pemilihan Berjalan Sesuai Aturan dan Kuatkan Koordinasi dengan Jajaran Pemkot Malang

Malang – Hal itu disampaikan Pj. Walikota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan untuk Pemilihan serentak 2024 se-Kota Malang di Hotel Grand Mercure Malang pada hari Sabtu (25/5).

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan bahwa telah menjadi tanggung jawabnya selaku Penjabat Walikota untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada di Kota Malang dapat berjalan dengan lancar. “Pemkot Malang akan memastikan bahwa seluruh komponen pelaksananya dipersiapkan seoptimal mungkin; termasuk Pengawas Kecamatan yang bertugas mengawal tegaknya tertib aturan dalam penyelenggaraan pemilihan serentak” tutur Wahyu.

Pria nomor satu di Kota Malang tersebut juga berpesan agar pengawas kecamatan dapat memastikan setiap tahapan Pemilihan yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengawasi setiap kegiatan yang berkaitan dengan Pemilihan, serta menangani dan menyelesaikan setiap pelanggaran yang mungkin terjadi.

“Peningkatan profesionalisme dan kapasitas diri melalui keikutsertaan dalam pelatihan dan pembekalan yang diadakan oleh BAWASLU; membangun koordinasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak terkait; utamanya jajaran Pemkot Malang, sekaligus memberikan laporan pada setiap temuan pelanggaran yang terjadi secara objektif dan transparan saya harap menjadi poin penting bagi Pengawas Kecamatan yang patut diperhatikan” tambahnya.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah merupakan salah satu agenda penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk juga bagi masyarakat di Kota Malang; sehingga penting sekali penguatan netralitas dan independensi dalam menjalankan tugas pengawasan bagi 15 orang Pengawas Kecamatan yang telah dilantik.

Turut hadir pada kegiatan tersebut adalah Forkopimda Kordinator dan Forkopimda Kota Malang atau yang mewakili, jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait, Ketua Bawaslu Propinsi Jatim, anggota KPU Kota Malang, dan Forkopimcam se-Kota Malang. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *