Berita Terbaru

Semangat Harkitnas, Pj. Walikota Malang Ajak Masyarakat Kota Malang Dukung Indonesia Emas 2024

Malang – Penjabat (Pj.) Walikota Malang, Dr Ir. Wahyu Hidayat, M.M, bertindak selaku inspektur upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Halaman Balaikota Malang, Senin (20/5/2024). Wahyu menyebut bahwa Harkitnas menjadi momen bagi masyarakat Kota Malang untuk menguatkan kebersamaan dan memanfaatkan berbagai potensi dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang. Ini, sambungnya, menjadi sejalan dengan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika dalam peringatan Harkitnas 2024, juga tema tahun ini; Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas. 

 

Nilai sejarah Harkitnas yang begitu kental, tambah Wahyu, menjadi sebuah refleksi untuk menghidupkan semangat untuk kembali bangkit. Ia mengingatkan semangat Boedi Oetomo, Kartini, para kaum muda, maupun Soekarno yang menghidupkan jiwa nasionalisme, memperjuangkan pendidikan, serta menghadirkan kemerdekaan. Sehingga bangsa ini bisa mencapai kebangkitannya di masa itu.

 

“Yang disampaikan Pak Menteri Kominfo tadi istilahnya ‘berkunjung kembali’ atau menjenguk masa lalu. Ada banyak hal terkait Harkitnas ini, semua berlandaskan momen perjuangan dan semangat yang sudah dilakukan para pejuang terdahulu. Dan ini menjadi menjadi dasar kita untuk menuju Indonesia Emas 2045,” beber Wahyu.

 

Wahyu menyebut bahwa saat ini tantangan yang dihadapi telah berbeda; kemajuan teknologi. Terlebih Indonesia sedang mencanangkan percepatan transformasi digital nasional. Di sisi lain, Indonesia juga berpotensi mendapat bonus demografi yang mana ini menjadi peluang untuk menyongsong Indonesia Emas. Sehingga, ini adahal momen Bangsa Indonesia untuk kembali bangkit, dengan bermodalkan potensi kemajuan teknologi dan bonus demografi.

 

“Apalagi di era sekarang, ada kemajuan teknologi, kemajuan digital yang harus kita akui bersama. Mau tidak mau harus menjadi satu core untuk menjadi kekuatan menyongsong Indonesia Emas. Terlebih ada banyak potensi bonus demografi yang harus kita maksimalkan,” paparnya.   

 

Sejalan dengan itu, Wahyu mengajak masyarakat Kota Malang untuk memaknai peringatan Harkitnas sebagai momen untuk mendukung tercapainya kesuksesan menyongsong Indonesia Emas. “Apresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebagai momentum meningkatkan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme dan kesadaran masyarakat Kota Malang untuk bangkit dan berjuang bersama menghadapi segala tantangan di era globalisasi, untuk mendukung tercapainya cita-cita mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

 

Terakhir, Wahyu juga menyebut bahwa momentum kebangkitan ini sejalan dengan tema HUT Kota Malang; Berselaras untuk Kota Malang Berkelas. “Melalui peringatan ini saya berharap dapat menjadi momentum membangkitkan semangat kebersamaan, kolaborasi serta sinergitas seluruh elemen masyarakat Kota Malang dalam menggali potensi-potensi yang ada guna mewujudkan Kota Malang lebih maju dan berkelas,” pungkas Wahyu. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *