Berita TerbaruDokumentasiHeadlinePj Walikota MalangUpacaraWahyu Hidayat

Peringati Hari Pahlawan, Wahyu Hidayat Deklarasikan Ekraf Sebagai Simbol “Local Heroes”

Malang – Bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan hari pahlawan yang digelar di halaman depan Balaikota Malang, Juma’t pagi (10/11) jadi momen Pj. Walikota Malang Wahyu Hidayat mendeklarasikan ekonomi kreatif sebagai simbol kepahlawanan lokal di era modern. Deklarasi ini disampaikannya usai membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini.

Wahyu lantas mengutip amanat Menteri yang dibacanya. Orang nomor satu di Pemkot Malang ini mengatakan tantangan besar bagi generasi penerus bangsa sekarang adalah mengelola kekayaan sumber daya dan potensi yang dimiliki. Kutipan amanat inilah yang lantas mendasarinya menjadikan ekraf sebagai representasi jiwa kepahlawanan lokal yang harus terus di tumbuh kembangkan.

“Setelah membaca amanat ibu Menteri Sosial, saya mengutip apa yang disampaikan beliau (Tri Rismaharini) bahwa wujud semangat kepahlawanan di era sekarang adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengelola sumber daya dan potensi yang ada, mulai di tingkat lokal atau daerah,” lugasnya.

“Maka saya mendeklarasikan Ekraf sebagai simbol kepahlawanan daerah, sebagai local heroes yang merepresentasikan nilai-nilai heroik dan patriotisme yang dimiliki oleh pahlawan bangsa menghadapi penjajah dulu, “ucapnya lantang.

Apa yang dilakukan Wahyu tentu sejalan dengan tema besar peringatan hari pahlawan tahun ini. Mengangkat tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, nyatanya memang ekraf lah yang sedang digandrungi. Layaknya sebuah sumber daya energi baru yang terbarukan, ekraf menjelma menjadi komoditi favorit dan terbukti sudah berkontribusi menyumbang 10,01% pada pertumbuhan ekonomi Kota Malang pada tahun 2022.

Inilah yang menurut Penjabat Walikota Malang itu sebagai potensi yang harus di optimalkan. Keberadaan ekraf ditengah perkembangan teknologi menurutnya mampu mendongkrak indikator IPM. Wahyu juga menuturkan kekuatan ekonomi kreatif telah terepresentasi dengan kehadiran Malang Creative Center (MCC) yang berimbas positif di berbagai sektor.

“Ekraf Kota Malang sudah terbukti punya andil dalam pertumbuhan ekonomi dan IPM. Imbas yang dirasakan dari ekositem ekonomi kreatif semakin terasa dengan adanya MCC karena sebagai representasi dan wujud kuat ekonomi kreatif,” tegasnya.

Oleh karena itu, dalam membangun cita-cita dan mimpi besarnya dengan perkembangan teknologi informasi, MCC didorong menjadi epicentrum dari teknologi Arthificial Intellegence (AI) dan Kota Malang akan berada di garda terdepan sebagai Kota AI di Indonesia. Itulah yang menjadi local heroes, spirit kepahlawanan melalui ekonomi kreatif dari Kota Malang untuk Indonesia.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version