Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Pimpin Apel Gelar Pasukan Pamor Keris, Walikota Sutiaji Kuatkan Sinergi Kendalikan Covid-19

Narasi 4 Memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel.

 

Malang – Menghadapi penyebaran Covid-19 varian omicron, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Malang bersinergi dengan Forkopimda Kota Malang akan melakukan berbagai upaya pengendalian virus Covid-19 agar masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan aman dan lancar. Menurutnya, varian omicron yang memiliki daya penularan lebih kuat dibanding dengan varian delta, harus disikapi bersama dengan cermat.

Hal ini, disampaikan Walikota Sutiaji usai memimpin Apel Gelar Pasukan Pamor Keris; Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat Wilayah Kota Malang, Senin (24/1/2022). “Maka ini kami sampaikan lagi, tentu kami bergandeng dengan Forkopimda. Ini hadir juga Forkopimda plus, Brimob masuk, Dandenpom juga. Sudah menjadi satu kesatuan untuk saling mengingatkan diantara kita semua,” pungkas Walikota Sutiaji.

Hadir dalam apel yang digelar di Halaman Balaikota Malang, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto, Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Arm. Ferdinan Primadhona, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, Zuhandi, Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Sekretaris Daerah Kota Malang, serta kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Walikota Sutiaji juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. “Ini mengulang memori kita, pada saudara-saudara kita bagaimana himpitan di bulan Juni hingga di akhir Desember lalu. Saat gelombang varian delta yang luar biasa itu. Sehingga jangan sampai itu terjadi lagi, protokol kesehatan harus dikuatkan,” tegas Walikota Sutiaji

Mengingat sempat terjadinya penambahan kasus varian omicron di Kota Malang Walikota Sutiaji juga meminta untuk memperkuat PPKM Mikro guna memantau mobilitas masyarakat. Menurutnya, salah satu faktor penularan varian omicron di Kota Malang karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat.

“Berkaitan dengan kasus omicron di Kota Malang, memang kemarin banyak. Awalnya memang banyak mobilitas orang dari luar (daerah), semuanya perjalanan dari ibu kota atau dari provinsi lain, yang itu membawa penyebaran cukup signifikan,” paparnya.

Tracing, tambah Walikota Sutiaji, telah dilakukan untuk memantau mobilitas masyarakat tersebut. “Itu kami tracing. Alhamdulillah sudah mulai bisa kami kendalikan. Tinggal bagaimana nanti kedepannya kita benar-benar hati-hati. Mobilitas orang bukan kita batasi, bukan kita sekat, tapi kita pantau degan baik,” ujar orang nomor satu di Kota Malang tersebut.

Sejalan dengan itu, Walikota Sutiaji akan melibatkan berbagai pihak guna melakukan pemantauan mobilitas masyarakat. “Bagaimana protokol kesehatan dikuatkan, PPKM mikro yang kita mulai dengan Forkopimda, dan melibatkan RT/RW. Nanti kita rakor bersama Camat, Kapolsek, Danramil, dengan jajaran nanti ke bawah untuk melakukan pengetatan-pengetatan itu. Juga data, kita minta memang harus real dan valid, sehingga apa yang dilakukan terpantau. Selain itu testing kita kuatkan,” pugkasnya.

Terakhir, usai Apel Gelar Pasukan Pamor Keris tersebut, Walikota Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang berkesempatan memberangkatkan Tim Pamor Keris tersebut. Sebagai informasi, tim patroli bermotor besutan Polri ini melibatkan jajaran TNI-Polri dan Pemerintah Daerah dengan target sasaran melaksanakan patroli bersama dalam rangka penegakan protokol kesehatan dan cipta kondisi aman dan tertib di masyarakat. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version