Headline

Peringati Hari Pahlawan, Walikota Sutiaji Ajak Masyarakat Jadikan Perjuangan Pahlawan sebagai Inspirasi

Malang – Memaknai momentum Hari Pahlawan, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji mengutarakan bahwa peringatan Hari Pahlawan menjadi salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan atau pejuang pendahulu.

“Hal ini sesuai dengan ungkapan yang menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawannya,” ucapnya saat bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021 di halaman Balai Kota Malang, Rabu pagi (10/11/2021). Upacara ini diselenggarakan usai Walikota Sutiaji melaksanakan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Suropati Malang.

Sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”, Walikota Sutiaji mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan perjuangan para pahlawan sebagai inspirasi. Menurutnya, semangat para pendahulu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bukanlah sesuatu yang instan. Semangat perjuangan tersebut terus menggelora di berbagai peristiwa, seperti Kebangkitan Nasional pada 1908, Sumpah Pemuda pada 1928, hingga perisitiwa 10 November 1945.

“Maka dengan gelora Bung Tomo, yang meskipun hanya dipersenjatai bambu runcing, tetapi memiliki senjata hebat berupa semangat, lahirkan Hari Pahlawan. Semangat itulah yang harus menginspirasi kita semua,” tegasnya.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk kembali menguatkan semangat kepahlawanan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Seirama dengan pesan dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Walikota Sutiaji dalam upacara hari itu.

“Yang bisa menyatukan Indonesia itu bukan orang lain, tapi dari kita,” pungkasnya. Penguatan literasi, tambah Walikota Sutiaji, dengan diimbangi keterbukaan cara pandang, kesadaran bersama, dan tidak berburuk sangka, menjadi kunci terjaganya persatuan dan kesatuan.

Terakhir, dalam kesempatan yang sama, juga dilaksanakan penyerahan cinderamata kepada para veteran di Kota Malang. Selain itu Walikota Sutiaji bersama Wawali Sofyan Edi juga menyerahkan penghargaan kepada Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol Arm. Ferdian Primadhona, serta Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang, Zuhandi, atas dedikasinya dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang. (sfr/Ts/EM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *