Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, Walikota Sutiaji Dorong ASN Tingkatkan Kompetensi Kepemimpinan

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XII Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur di Pemerintah Kota Malang Tahun 2021.

Kegiatan tersebut digelar di Harris Hotel Malang pada Selasa (29/06). Dan diikuti oleh 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengembangkan kompetensi manajerial jabatan pengawas, salah satunya membangun kompetensi kepemimpinan.

“Melalui pelatihan kepemimpinan pengawas, nilai-nilai kepemimpinan harus kita kuatkan satu persatu,” ujar Walikota Sutiaji.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang, Totok Kasianto, serta Sekretaris BPSDM Jawa Timur dan Kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Malang tersebut mengingatkan ASN akan pentingnya menguasai tiga aspek kepemimpinan; kompetensi, integrasi, dan moral.

“Mengembangkan kompetensi kepemimpinan tersebut harus dengan memperbanyak literasi dan aksi nyata kita. Tidak hanya literasi yang pintar, tapi bagaimana aksi nyata kita dan implementasi di lapangan,” ucap Walikota Sutiaji.

Dan aspek yang tidak kalah pentingnya, imbuh Walikota Sutiaji, ialah memiliki integritas dengan orientasi pengabdian melayani orang lain.

“Terakhir, aspek moral. Apabila moral terbangun dengan baik, maka integritas terbentuk. Jika literasi kuat, moral bertambah. Dan itu sangat dibutuhkan di saat ini, sebab pemimpin kedepan harus dibekali moral,” pungkas Walikota Sutiaji.

Menutup sambutannya, Walikota Sutiaji mengapresiasi terselenggaranya kegiatan PKP tersebut. Menurutnya, ini sebagai upaya membentuk ASN menjadi pemimpin-pemimpin yang kompeten dalam memberikan pelayanan terbaik untuk publik.

“Harapannya nanti terimplementasi pada layanan publik. Kita melayani masyarakat, maka bagaimana kita bisa menjadi abdi negara yang baik. Tentu upaya-upaya itu kita lakukan bersama,” tutup Walikota Sutiaji. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *