Berita TerbaruHeadline

Walikota Sutiaji : Gelaran KKI Diharapkan Dorong UMKM Guna Pulihkan Ekonomi

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, memberikan apresiasi positif atas digelarnya Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri I Tahun 2021 oleh Bank Indonesia Malang. Menurutnya, di masa pandemi, sinergitas antar lembaga menjadi kunci dalam upaya pemulihan ekonomi daerah maupun nasional, khususnya dalam pengembangan sektor UMKM yang memiliki andil besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Kita bisa memenangkan pasar global jika kita punya inisiatif dan kreatif, dengan terus membangun sinergi diantara kita semua. Ini yang kita butuhkan,” tegas Walikota Sutiaji.

Bertempat di Hotel Santika Premiere Malang, Walikota Sutiaji juga berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka gelaran KKI Seri I Tahun 2021.

“Sesuai dengan komitmen kami di tahun 2021 dan 2022, sektor ekonomi kreatif akan kita angkat, terlebih pemulihan ekonomi ini, termasuk di dalamnya penguatan UMKM,” ungkap Walikota Sutiaji, Rabu, 24 Maret 2021.

Menurutnya, kegiatan ini memiliki andil dalam menyukseskan Instruksi Presiden atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI). Sekaligus sebagai upaya mendorong globalisasi UMKM serta meningkatkan daya saing produk.

“Ini merupakan upaya mewujudkan kita cinta produk Indonesia. Nanti kita juga harus menjaga kualitas produk-produk Indonesia yang harus sejajar dengan produk-produk yang lain. Bukan hanya kualitas tapi secara harga kita juga bersaing,” tegas orang nomor satu di Kota Malang itu.

Pemerintah Kota Malang sendiri tengah berupaya mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian edukasi dan literasi kepada pelaku UMKM dengan memberikan berbagai pelatihan. Memfasilitasi UMKM Kota Malang untuk memasarkan produknya melalui aplikasi yang disediakan oleh LPSE, maupun BEJO; market place yang disediakan oleh Pemprov Jatim. Termasuk memasarkan produk melalui showroom Dekranasda yang tengah merangkul lebih dari 600 UMKM di Kota Malang. Hingga memberikan kemudahan perizinan melalui melalui Diskopindag Kota Malang, sepeti izin Sertifikasi Halal, Merek, dan Uji Nutrisi.

Pada akhir acara KKI Seri I Tahun 2021, Walikota Sutiaji, didampingi Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan, dan Kepala OJK Kota Malang, Sugiarto Kasmuri, serta Kepala Diskopindag Kota Malang, Muhamad Sailendra, melihat langsung produk dari 18 UMKM yang dipamerkan pada kegiatan tersebut.

“Pada kegiatan pameran fisik ini diikuti oleh 18 UMKM baik dari Binaan BI maupun ada sebagian dari binaan Dekranasda. Kami sampaikan terimakasih kepada Dekranasda telah berpartisipasi di dalam kegiatan ini,” ujar Azka Subhan, Kepala Perwakilan BI Malang, memberikan apresiasinya. Pihaknya juga berharap event KKI ini mampu mendorong peningkatan kredit perbankan untuk penyaluran UMKM. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *