Berita TerbaruHeadline

Walikota Malang: Perpustakaan, Punggawa dan Wahana Mencerdaskan Anak Bangsa

Malang – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, mengukuhkan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kota Malang Periode 2021-2024, sekaligus menjadi keynote speaker dalam acara Seminar Kepustakawanan; bagian dari program kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca di Tingkat Daerah Kabupaten/Kota yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang.

Kegiatan pada Selasa itu (23/03) diselenggarakan dengan maksud melibatkan profesi kepustakawanan dalam melaksanakan pembudayaan gemar membaca di tingkat daerah, khususnya Kota Malang.

“Perpustakaan menjadi punggawa dan wahana mencerdaskan anak bangsa, dengan kecerdasan otaknya dengan kecerdasan intelektualnya, juga dibarengi dengan kecerdasan spiritualnya,” tutur orang nomor satu di Kota Malang tersebut.

Nampak hadir dalam kegiatan yang digelar di Atria Hotel Malang, Plt Kepala Dispussipda, Suwarjana, SE, MM., Pengurus IPI Kota Malang, kepala perpustakaan dan pustakawan di tingkat perpustakaan sekolah maupun perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus di Kota Malang. Juga 500 pustakawan di seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan melalui online streaming.

Usai mengukuhkan Pengurus IPI Kota Malang, Walikota Sutiaji berpesan agar Pengurus IPI Kota Malang turut serta mendorong pembudayaan gemar membaca di Kota Malang. Sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 43 tahun 2007, tentang perpustakaan, yang menyebutkan bahwa pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

“Saudara telah dikukuhkan menjadi salah satu pengurus kunci bagaimana literasi di Kota Malang kedepannya akan bagus. Saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, laksanakan amanah tersebut,” ujar Walikota Sutiaji.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Sutiaji juga menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada enam lembaga perpustakaan di Kota Malang. Diantaranya adalah Perpustakaan SD Anak Saleh Malang, Perpustakaan SMPN 3 Malang, Perpustakaan SMPN 9 Malang, Perpustakaan SMPN 13 Malang, Perpustakaan SMK Telkom Malang, dan Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

“Ini akan menjadi salah satu upaya dan usaha kita mendorong Malang menjadi Malang Smart City, yang goalnya adalah mewujudkan Malang yang bermartabat,” tandas Walikota Sutiaji. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *