Walikota Sutiaji: Kembalikan Semua ke Demokrasi Pancasila

Malang (20/3) – Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, menyampaikan hal tersebut dalam Peringatan HUT Ke-61 Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan atau yang biasa disebut DHC BPK angkatan 45, Kota Malang. Dalam sambutannya, Walikota Sutiaji mengajak untuk bersama menguatkan nilai-nilai Demokrasi Pancasila demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Nampak hadir mendampingi di Gedung Dharma Sabha PEPABRI, Kota Malang, Komandan Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona, Kapolresta Kota Malang, Kombes Pol Leonardus Simarmata, serta Ketua DHC BPK Angkatan 45 Kota Malang, Kolonel (Pur) H. Utuh Agung Minarno.

“Demokrasi kita, harus kembali pada nilai-nilai ketuhanan. Ketika sila yang pertama, nilai-nilai ketuhanan sudah masuk dalam jiwa kita, secara otomatis nilai kemanusiaan akan tinggi dan persatuan dan kesatuan akan tercapai. Itu semua harus dibingkai dalam tatanan demokrasi,” tegas orang nomor satu di Kota Malang tersebut.

“Kita wujudkan konsensus yang sudah kita yakini bersama bahwa dasar negara kita adalah Pancasila, yang menjadi ruh demokrasi kita adalah demokrasi Pancasila. Kembalikan semua ke Demokrasi Pancasila,” tandas Walikota Sutiaji disahuti pekik ‘Merdeka’ yang tidak henti-hentinya digemakan oleh hadirin.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus sarana pembelajaran untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan berkaca pada semangat juang, gotong royong, serta rasa nasionalisme yang tertanam pada jiwa pejuang Angkatan 45. Tak hanya memetik pembelajaran tersebut, Walikota Sutiaji juga berharap saran dan masukan dari para keanggotaan Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Malang demi kemajuan Kota Malang ke depannya.

Tanggapan sejalan juga diutarakan oleh Ketua DHC BPK Angkatan 45 Kota Malang, Kolonel (Pur) H. Utuh Agung Minarno. “Kita ditantang untuk mengejewantahkan nilai-nilai kejuangan sebagai nilai luhur untuk ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan benegara. Jangan sampai negara terpecah belah karena segelintir orang,“ papar Utuh. Dalam sambutannya, Utuh sempat menangis berterimakasih kepada Walikota Sutiaji atas kehadirannya sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap pejuang Angkatan 45 di Kota Malang. (sfr)

Posted in: Dokumentasi

Leave a Comment