Walikota Malang : Komitmen Kami untuk Menguatkan UMKM

Pemkot Malang menggelar Bargaining on Air (BoA) 2021 di NCC Kota Malang. Kegiatan ini merupakan adaptasi dari kegiatan Bargaining on Mall (BoM), karena sedang pandemi maka diubah secara livestreaming di kanal youtube https://youtu.be/XfTmEHUnehk. Hadir dalam BoA 2021 ini, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, Wakil Walikota Malang H. Sofyan Edi Jarwoko, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Erik Setyo Santoso, ST, MT dan perwakilan dari 16 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Malang. “Ini bentuk komitmen kami untuk menguatkan UMKM” ujar Sam Sutiaji panggilan akrab Walikota Malang (18/3/2021).

UMKM yang terpilih nantinya akan diapresiasi dalam berbagai bentuk seperti pemberian ijin usaha dan juga diberi bantuan konten promosi yang akan ditampilkan di media pemerintah, seperti di kanal-kanal medsos pemkot malang dan juga videotron milik pemkot Malang. Walikota Malang juga kembali menyampaikan komitmennya melaksanakan sesuai perpres 12 Tahun 2021 yang salah satunya 40 persen APBD dibelanjakan untuk UMKM.

Walikota Malang Sutiaji juga kembali mengingatkan strategi pemulihan ekonomi Kota Malang selama pandemi dengan 5M, MALPRO (Malang Beli Produk Lokal), MALHERB (Malang Herbal), MALDIS (Malang Digital Service) MALBER (Malang Berbagi) dan MALBA (Malang Bahagia). “Pandemi ini memberikan pembelajaran bagi kita bahwa pasar kita bukan hanya di depan kita, tapi pasar kita di dunia. Jadi kita harus pasar global.” Ujarnya.

Wawali Bung Edi sapaan akrabnya menyampaikan beberapa pesan untuk ke 16 UMKM yang hadir dan yang sedang mengikuti secara online. “Pesan saya bahwa terus menjaga terus kualitas produk dan berinovasi, supaya kuliatas produk kita mengikuti daripada trend yang terjadi di masyarakat, memberikan layanan yang terbaik semaksimal mungkin, Terus dijaga kepercayaannya kepada publik terutama didunia digital” ujarnya

Selanjutnya Kepala DPMPTSP Kota Malang, Erik Setyo Santoso menyampaikan pentingnya pemanfaatan platform digital dalam kemitraan antara pelaku usaha dengan pemerintah daerah selama pandemi covid-19 ini. “Karena UMKM itu kan salah satu sektor yg bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Cuma, sekrang ini beda style. Kalo di era pandemi ini kita utakaman sektor digitalnya. Dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui BOA,” ujarnya.(…./…/EM)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment