Berita TerbaruHeadline

Jawab Tantangan Gubernur Khofifah, Walikota Sutiaji Siap Kuatkan UMKM Melalui E Commerce

Stronghness partnership dengan Perguruan Tinggi menjadi salah satu pesan penting yang dititipkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Kepala Daerah Malang Raya pada acara serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Malang yang digelar di gedung DPRD Kabupaten Malang (8/3 ’21). Ikut menyaksikan secara langsung prosesi pengukuhan Bupati Malang Sanusi oleh Gubernur Khofifah, Walikota Malang Sutiaji dan juga Walikota Batu Dewanti Rumpoko.
Pada kesempatan itu Khofifah juga menekankan pentingnya Malang Raya mengembangkan dan menguatkan platform e commerce. “Terlebih Malang Raya memiliki potensi dari sisi ini. Banyak pelaku ekonomi kreatif di Malang Raya ini, maka saya titipkan terkait hal tersebut, “tegas Khofifah.
Apa yang diutarakan Gubernur Khofifah direspon Walikota Malang secara antusias. “Ini sejalan dengan apa yang dikembangkan di kota Malang dan telah menjadi salah satu misi kota Malang. Ekonomi kreatif memang menjadi salah satu bidikan kami. Pelaku UMKM kota Malang sendiri jumlahnya bisa menggapai ribuan. Karena di tengah pandemi covid kini juga banyak tumbuh pelaku ekonomi perorangan. Dan landscape pasar juga sudah berubah dan mengalami pergeseran, tidak lagi melulu ada pertemuan fisik antara produsen dan konsumen. Atau sebagaimana diutarakan oleh bu Gubernur dengan pasar e commerce. Beberapa waktu yang lalu melalui strategi pentahelix, bersama komunitas, beberapa UMKM kota Malang juga telah kita hub khan kepada e commerce yang sudah exist di pasar nasional. Tentu seiring hal tersebut dalam kerangka penguatan smart city khususnya smart economy maupun smart social, kita akan terus berproses mengembangkan dashboard dan platform digital economy service yang dapat menjadi ruang etalase penguatan ekonomi kreatif dan UMKM kota Malang, “ujar Sutiaji.
Dari sisi penguatan data potensi ekonomi hingga tingkat RT/RW, selain menguatkan sinergitas dengan komunitas, Walikota Sutiaji juga menegaskan akan menggandeng serta melibatkan aktif peran dasa wisma. “Ini karena riil di lapangan, ibu ibu dasa wisma yang justru sering bergerak dan bersentuhan langsung dengan aspek ekonomi dan social warga. “Kita akan coba kembangkan platform yang bisa mewadahi gerak dasawisma tersebut, “imbuh Pak Aji, demikian Walikota Malang akrab disapa.
Sementara itu, Gubernur Khofifah juga menitipkan pesan kepada Malang Raya untuk mampu menjadi Dapur Halal Dunia. “Ini juga sudah dirintis di kota Malang melalui program Malang Halal, “respon Sutiaji.
Ditempat terpisah, Isa Aprilia, salah satu pengurus komunitas MalangGleerrr.com menyambut baik good will Pemkot Malang dalam menggarap sektor UMKM. “Sebagai komunitas kami senang, dan kami siap jadi mitra yang positif karena MalanggGleerrr dibentuk dalam rangka berusaha dan bekerja keras untuk memberikan benefit (manfaat) sebesar-besarnya kepada para pelaku UMKM & IKM di Malang Raya, khususnya di Kota Malang. Maka apa yang diutarakan Pak Wali semoga bisa seiring sejalan dengan gerak kami dan semua unsur UMKM di Malang, “ujar perempuan berkaca mata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *