Berita TerbaruHeadline

Waspada Akun Palsu FB Walikota Malang

Malang (3/3 ’21), Kejahatan akun palsu sosmed bisa terjadi pada siapa saja. Apa motifnya, tentu untuk kepentingan si oknum dan ditengarahi untuk membangun citra buruk bagi person yang melekat pada sosmed dimaksud.
Ini pula yang dialami Walikota Malang Sutiaji. Dan ini bukan yang pertama kalinya. “Saya sudah lama tidak menggunakan facebook. Sudah kurang lebih 3 (tiga) tahunan. Ini tiba tiba ada yang menggunakan akun facebook tersebut, padahal sudah off. Jelas merugikan saya secara pribadi, keluarga dan juga kota Malang. Karena apa pun yang diunggah akan memberi persepsi bahwa itu benar saya padahal bukan, “ungkap masgul dan penuh sesal Pak Aji, demikian Walikota Malang akrab disapa. Ini saya minta kominfo untuk klarifikasi dan beri penjelasan bahwa itu akun palsu.
Nurwidianto, Kadiskominfo Kota Malang membenarkan adanya pemalsuan facebook Walikota Malang. “Belum sampai melangkah pada proses hukum meskipun tidak menutup ruang ke sana. Terlebih dahulu, kami ingin membangun kesadaran dan literasi untuk bijak serta berhati hati dalam bermain sosial media. Hack memang dikenal pada dunia maya ini, tapi warga tidak akan pernah tahu akun seseorang di hack atau tidak karena oknum akan memanfaatkan alam bawah sadar pembaca / penonton sosmed sekaligus memainkan emosinya. Situasi ini lah yang sungguh membahayakan dan berpotensi fitnah, munculnya ujaran kebencian hingga perpecahan, “urai Wiwid, kadiskominfo biasa disapa. Tapi perlu saya ingatkan proses hukum bisa menghadiri siapa saja yang memang berikhtikad tidak baik dengan modus pemalsuan akun atau melakukan hack atas sosmed orang lain. Sekali lagi saya informasikan dan saya tegaskan ini akun palsu dan bukan facebook milik Walikota Malang. Imbuh pria yang juga merangkap selaku Plt. Kabag Humas Pemkot Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *