Berita TerbaruHeadline

Pengukuhan FKDM Tingkat Kota dan Kecamatan di Wilayah Lingkungan Pemkot Malang

Batu – Dalam rangka menjaga stabilitas Kota Malang dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang bisa timbul di wilayah Kota Malang; maka Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota dan Kecamatan di Wilayah Lingkungan Pemkot Malang.

Acara tersebut digelar pada hari Kamis (4/3) di The Onsen Hot Spring Resort Batu. Walikota Malang, Sutiaji hadir secara langsung untuk mengukuhkan sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta acara.

Dalam arahannya, Walikota Sutiaji mengatakan bahwa kewaspadaan dini masyarakat menjadi penting, guna menjaga keamanan dengan senantiasa melihat kondisi kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi kemungkinan timbulnya gangguan keamanan. “Potensi dan indikasi sekecil apapun, harus diantisipasi dengan penuh kepekaan dan kesiagaan, karena benturan kepentingan ekonomi, politik, sosial, agama, etnis dan ideologi setiap saat bisa muncul; sehingga deteksi dini adanya indikasi dan potensi gangguan keamanan harus selalu dilakukan di lingkungan masing-masing” ujarnya.

Walikota Sutiaji berharap, agar tim FKDM secara bersama-sama dapat mengantisipasi dan mewaspadai potensi munculnya gesekan, dan ketegangan, karena dengan kebersamaan, komunikasi dan koordinasi yang baik akan menghadirkan sinergisitas yang terarah dan efektif guna mewujudkan kondusifitas Kota Malang.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Malang, Rinawati mengatakan bahwa tim FKDM baik tingkat kota maupun tingkat kecamatan bertugas untuk menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kota Malang.

“Laporan dan rekomendasi yang diberikan oleh tim FKDM dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Pemkot Malang dalam membuat kebijakan” tandasnya. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *