Berita TerbaruHeadline

Minat Baca Kurang, Walikota Malang: Perpustakaan Harus Jadi Sumber Literasi

Malang – Kamis ini (25/02), bertempat di Atria Hotel Malang, telah digelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Rencana Kerja tahun 2022 oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Dalam kegiatan tersebut, Walikota Malang, Drs, H. Sutiaji, berkesempatan hadir dan memberikan sambutan. Dirinya berpesan agar perpustakaan mampu menjadi sumber literasi bagi masyarakat Kota Malang. Dalam kegiatan tersebut, nampak hadir Plt Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah, Suwardjana.

“Literasi kita masih rendah, kecenderungan kita untuk membaca itu masih rendah. Perpustakaan ini kita kuatkan. Di Kota Malang harapannya perpustakaan menjadi salah satu sumber ajar dari sekian sumber ajar bagi kita semua,” ungkap Walikota Sutiaji menekankan.

Menurut Walikota Sutiaji, melalui ketersediaan literasi yang baik, pemerintah berupaya menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Perpustakaan harus memiliki bahan ajar bagi kita semua, mampu memfasilitasi apa yang menjadi pikiran kita, untuk membangun orang yang gemar membaca. Sehingga kecerdasannya bisa memberi sumbangsih kepada bangsa,” tuturnya.

Kesempatan untuk membangun serta meningkatkan kemampuan literasi masyarakat di Kota Malang dapat menjadi andil bagi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Penguasaan masyarakat akan literasi menjadi penting guna membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

“Literasi yang kita punyai, harus memberikan kontribusi terhadap perubahan kemakmuran bangsa. Jangan literasi yang kita punyai malah mencarutkan dan mengacak-acak sistem pembangunan yang sudah ada yang telah disepakati bersama,” tegas Walikota Sutiaji. (sfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *