Menuju Malang Smart City, Walikota Malang Minta Semua Berproses Bersama

Malang (25/02) – Upaya mewujudkan Kota Malang sebagai kota pintar (smart city) terus digodok oleh pemerintah. Ini disampaikan oleh Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, dalam kegiatan Forum Perangkat Daerah / Lintas Perangkat Daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Menurutnya, dalam mewujudkan komitmen akan smart city, maka baik pemerintah maupun masyarakat harus saling berporses bersama.

“Yang kita bangun adalah kebersamaan. Maka satu, harus ada kekuatan dari kita, yang kedua harus ada kesadaran masyarakat akan itu. Ketiga harus ada kesepahaman bahwa memang ini butuh proses, tidak bisa tiba-tiba,” tukas Walikota Sutiaji.

Ini, tambahnya, harus gayung bersambut, masyarakat dengan pemerintah. Maka harus dilakukan infrastruktur, IT harus juga masuk. Kalo kita menuntut smart city, maka infrastruktur smart city harus dibangun,” ujar orang nomor satu di Kota Malang tersebut.

Konsep smart city di Kota Malang sendiri telah dicanangkan sejak tahun 2014. Konsep tersebut dirasa mampu menciptakan kualitas hidup masyarakat yang semakin meningkat. Karena adanya sistem yang efisien dan terintegrasi. Dalam kegiatan yang digelar di Atria Hotel Malang tersebut, nampak hadir Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Erik Setyo Santoso.

Walikota Sutiaji juga menyampaiklan dirinya ingin menerapkan konsep smart city di berbagai lini kehidupan masyarakat. “Saya ambil smart city pada smart government, smart government itu secara otomatis masuk ke smart-smart yang lain. Smart living, smart information, smart economy. Yang kita kuatkan saat ini juga smart economy-nya karena pasar kita sudah pasar global,” tutup Walikota Sutiaji. (sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment