Berita TerbaruHeadline

Kuatkan Literasi Kesehatan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar forum perangkat daerah rancangan rencana kerja (Renja) Tahun 2022 di Ijen Suite Resort Malang, Kamis (25/2/2021). Walikota Malang Drs. H. Sutiaji yang hadir sebagai keynote speaker menyampaikan pentingnya literasi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan. “Ini harus kita kuatkan, tolong literasi tentang Kesehatan harus selalu kita dengungkan” ujarnya.

“Maka keharusan kita nanti, bagaimana negara itu bisa dekat dengan rakyatnya. Caranya dengan memberikan literasi terus menerus, penguatan puskesmas pembantu dan puskesmas induk” tambah Sam Sutiaji panggilan akrabnya Walikota Malang.

Dinas Kesehatan Kota Malang memiliki pagu indikatif yang besar, akan tetapi yang terbesar untuk membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam setahun. Kota Malang sudah mengikuti program Universal Health Coverage (UHC). Seluruh penduduk di Kota Malang sudah terdaftar, termasuk warga yang belum menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. “121 untuk BPJS, masyarakat harus tahu bahwa BPJS itu bayarnya sudah 121 Milyar ” Ujar Walikota Sutiaji.

Pemerintah Kota malang juga akan mengusulkan untuk menjadi pilot project vaksinasi covid-19 dari Kementerian Kesehatan. Saat ini Pemerintah Kota Malang masih mempersiapkan semuanya. “Pedagang pasar didata, tokoh agama pegiat-pegiat sosial didulukan, nanti 10 ribu vaksin dalam satu tempat” tambah Sutiaji.

Forum perangkat daerah ini merupakan wadah komunikasi, koordinasi, sinkronisasi, dan juga sinergi antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program, kegiatan, sub kegiatan perangkat daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Dinkes Kota Malang akan fokus pada Indeks Kesehatan Masyarakat. “Yang pasti untuk akses layanan kesehatan kepada masyarakat harus kita tingkatkan dalam rangka untuk meningkatkan derajat kesehatan” ujat Sri Winarni, Plt. Kepala Dinkes Kota Malang. (EM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *