Walikota Sutiaji Tegaskan Pendidikan Karakter di Kota Malang

Dalam upaya membangun pendidikan di Kota Malang menjadi semakin maju, hari ini (24/02) digelar Forum Perangkat Daerah / Lintas Perangkat Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang di Savana Hotel and Convention Malang. Turut hadir dalam kesempatan tersebut sekaligus memberikan arahan, Walikota Malang, Drs H. Sutiaji. Dalam sambutannya, Walikota Sutiaji menekankan pentingnya pendidikan karakter diterapkan dalam Proses Belajar Mengajar. Nampak hadir mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana.

“Berkaitan dengan kebijakan lokal, kami ingin pendidikan karakter menjadi komitmen kita, bahwa pendidikan karakter harus lebih didulukan” tegas Walikota Sutiaji.

Negara, lanjutnya, harus memberikan arah dan kebijakan yang menjadi fasilitator bagaimana anak-anak bangsa ke depan bisa tercipta kekuatan mental, spritiual, dan jasmani, bahwa pendidikan kita adalah pembangunan manusia seutuhnya. Sangat berpengaruh pendidikan anak terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan negara. Orientasi pendidikan sangat berpengaruh,” ujar Walikota Sutiaji menegaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sutiaji, juga menyampaikan dengan kearifan lokal dan rancang bangun muatan lokal mampu menjadi bagian dari paripurnanya desain sistem pendidikan karakter di Kota Malang. Selain itu, kunci dalam pembentukan karakter itu sendiri dipegang oleh peran tenaga pendidik, yaitu guru serta keterlibatan orang tua.

“Membangun Kota Malang dari sektor karakter tidak mudah, karenanya mulai dari komponen perencanaan sampai eksekusinya kita harus berkolaborasi,” tandas Walikota Sutiaji. (sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment