Kuatkan Ketahanan Pangan, Walikota Sutiaji Gencarkan Urban Farming

Malang (24/02) – Bertempat di Atria Hotel Malang, telah digelar Forum Perangkat Daerah / Lintas Daerah yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang. Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, hadir dan memberikan arahan. Dirinya menegaskan pentingnya penerapan Urban Farming seiring melemahnya akses pangan masyarakat Kota Malang atas bahan pangan di era pandemi Covid-19.

“Saat ini kita harus konsen benar dengan ketahanan pangan dan keamanan pangan, Kota Malang lahan pertanian terbatas, dan banyak lahan pertanian tidak ditanami tanaman produktif, tapi ditanami beton,” ujar Walikota Sutiaji mengingatkan.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, Ketua DPRD, I Made Riandiana Kartika, serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Ade Herawanto.

Menurut Walikota Sutiaji, urban farming menjadi salah satu jalan untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat Kota Malang. “Kota Malang, kalau bicara tentang ketahanan pangan bisa terlaksana, sekali lagi isu strategisnya adalah urban farming. Ini orientasinya ketahanan pangan, basicnya urban farming,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Sutiaji juga menyaksikan penandatanganan kerjasama program Urban Farming Arema yang digagas oleh Dispangtan dengan PKK Kota Malang yang dianggap mampu menggerakkan berbagai kalangan masyarakat dari komponen terkecil di masyarakat mulai Dhasawisma.

Sejalan dengan hal terebut, Kepala Dispangtan, Ade Herawanto ikut menjelaskan program Urban Farming Arema yang tengah digagasnya. “Strategi penanganan untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui upaya pengembangan Urban Farming Arema. Program Urban Farming Arema ini terintegrasi dan suistanable secara pentahelix,” papar Ade. (sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment