Walikota Malang Hadiri Muskomwil IV Apeksi

Walikota Malang Drs. H. Sutiaji bersama Sekretaris daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH. MH menghadiri Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dilaksanakan di Kota Batu. Kegiatan tahunan yang diikuti oleh 13 Pemerintah Kota di empat provinsi (Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT), berlangsung di Graha Pancasila Balaikota Amongtani Kota Batu Kamis (4/2/2021).

Dalam sambutan pembukaannya, Walikota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si. menyampaikan selamat datang kepada para anggota Apeksi yang mengikuti secara langsung maupun secara online. Beliau berharap dalam Muskomwil kali ini banyak ilmu bermanfaat yang bisa didiskusikan untuk memajukan masyarakat.

Membuka acara, Wakil Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Walikota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha, ME, mengapresiasi Pemkot Batu yang sudah menyelenggarakan Muskomwil IV menggantikan Probolinggo yang sedang berduka. Beliau berharap dalam Muskomwil IV Apeksi dapat memutuskan rekomendasi terbaik untuk masyarakat.

Selanjutnya, dalam Sidang Pleno 1 dan 2, ditetapkan Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari sebagai Ketua Sidang, Sekda Probolinggo sebagai Wakil Ketua Sidang dan Perwakilan Kota Kupang sebagai Sekretaris Sidang.

Dalam sidang pleno tersebut, muncul 8 poin rekomendasi yang akan diajukan ke Munas Apeksi, 11 Februari di Jakarta nanti. Rekomendasi tersebut adalah; (1) Pemulihan ekonomi yang terintegrasi dan bersinergi pasca Pandemi Covid-19; (2) Mempertahankan kembali Dana Kelurahan setelah dilaksanakan selama 2 tahun; (3) Isu UU Cipta Kerja, terutama terhadap kewenangan daerah terkait perijinan dan ketenagakerjaan; (4) Penerapan aplikasi SIPD agar segera dilakukan penyempurnaan dengan masukan dari daerah; (5) Beberapa Bidang yang perlu diperhatikan, yaitu Kerjasama daerah, Bidang peningkatan kapasitas pemerintah kota, bidang advokasi dan regulasi, bidang informasi dan komunikasi, bidang infrastruktur, bidang lingkungan hidup, bidang Kependudukan dan Bidang Kesehatan; (6) Penyelesaian Pegawai Honorer yang tidak masuk K2 dengan PPPK yang biayanya dibebankan APBN; (7). Perlunya perubahan Perpres No. 33 Tahun 2020; (8) Meninjau kembali Peraturan Pemerintah No. 109 tahun 2000

Setelah melalui musyawarah, mufakat, akhirnya Pengurus Komwil IV Apeksi memberikan mandat kepada Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, S.E., M.M. sebagai ketua dan Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari sebagai wakil Ketua Apeksi Periode 2021-2024. Pengukuhan pengurus dilakukan oleh ketua Dewan Pengurus Apeksi, Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH, M.Kn.

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment