Gelar Pasukan Penanganan Covid-19, Walikota Malang Minta Tiga Daerah Terus Bersinergi

Pemerintah Malang Raya terus berupaya dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Hari ini (31/1) Apel Gelar Pasukan Operasi Kesiapan Penanganan Covid-19 dilaksanakan di Lapangan Rampal Kota Malang. Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, hadir dan memberikan amanat dalam apel gelar pasukan tersebut.

Gelar pasukan ini bertujuan sebagai upaya persiapan mendukung PPKM Jilid 2, dengan harapan dapat menekan angka kasus Pandemi Covid 19 yang saat ini masih tinggi, terutama di wilayah Jawa Timur. Gelar pasukan ini diikuti oleh pasukan dari Kodim 0833, Kodim 0818, Polresta dan Polres Malang, Polres Batu, Intekkam Gabungan Polres Malang Raya, Yon Zipur 5/ ABW, juga Satpol PP Kota dan Kabupaten Malang.

Mewakili kepala daerah Malang Raya lainnya, Walikota Sutiaji menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasinya atas kekompakkan seluruh pasukan dari berbagai kesatuan di Malang Raya yang telah terlibat dalam operasi penanganan Covid-19. Didampingi Sekretaris Daerah Kota Batu, Dandim 0833, Dandim 0818, Kapolres dan Kapolresta Malang, serta Danyon Zipur 5/Abw, Walikota Sutiaji meminta kolaborasi seluruh jajaran dalam melaksanakan percepatan penanganan Covid-19 di Malang Raya.

“Hilangkan batas sektoral Kabupaten, Kota, maupun Kota Batu, kita menjadi satu kesatuan. Bahwa kita adalah abdi negara yang tidak pernah melihat batas wilayahnya. Tiga irisan batas daerah yang memang diciptakan tipis ini kita kuatkan. Adalah sebuah keharusan untuk membangun sebuah sinergi dari jejaring kekuatan ini. Kita harus bahu membahu memberantas covid yang semakin mengganas,” papar Walikota Sutiaji.

Menurut orang nomor satu di Kota Malang tersebut, bahwa kolaborasi penanganan Covid-19 di Malang Raya selama ini kerap menjadi acuan daerah lain. “Sinergitas dari tiga daerah ini menjadi contoh tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga nasional. Pak Presiden juga menyampaikan bagaimana kolaborasi tiga daerah menjadi satu kekuatan yang luar biasa,” tambah Walikota Sutiaji.

Selanjutnya, terkait apel Gelar Pasukan Operasi Kesiapan Penanganan Covid-19 tersebut, menurut Dandim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona, bahwa nantinya akan dilaksanakan operasi gabungan antar kesatuan se-Malang Raya. Operasi tersebut akan berlangsung setiap hari hingga tanggal 8 Februari 2021.

“Sesuai perintah Pangdam, untuk jajaran kodim se-Kodam V Brawijaya mulai hari ini dilaksanakan operasi penegakan disiplin. Melibatkan unsur TNI, Polri, maupun Pemerintah Daerah. Ini sifatnya memperkuat operasi-operasi yang sudah dilaksanakan. Kami harap melalui operasi ini dapat semakin meningkatkan ketertiban dan kesadaran masyarakat Malang Raya,” ujar Ferdian. (sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment