Walikota Sutiaji Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan Tingkat Kabupaten/Kota

Malang (15/01) – Secara Virtual dari Ngalam Command Center (NCC) Balaikota Malang, Walikota Malang Drs. H. Sutiaji menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Inklusi Keuangan Tingkat Kabupaten/Kota dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2021. Penghargaan ini menjadi momentum reformasi sektor jasa keuangan pasca covid-19 dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional yang inklusif. Walikota Malang hadir didampingi Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri dan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang Azka Subhan Aminurridho.

Melalui gerakan OJIR (ojok percoyo karo rentenir) membawa Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kota Malang meraih penghargaan ini. Uniknya, kata Ojir sendiri berasal dari bahasa Malangan dalam menyebut kata uang. Gerakan Ojir kemudian menjadi solusi keuangan Inklusi di Kota Malang. Gerakan Ojir membendung praktik rentenir atau bank tithil yang selaras dengan program TPAKD Kota Malang. Gerakan ini mendorong pertumbuhan UMKM yang pada akhirnya turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Momentum pemulihan ekonomi nasional, menjadi agenda penting dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021 kali ini yang diselenggarakan secara virtual. Dalam pertemuan tahunan ini, Presiden Republik Indonesia Bpk. Ir. H. Joko Widodo menyampaikan arahan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota, seluruh pengurus di Industri Jasa Keuangan baik perbankan maupun non bank untuk selalu selalu jaga diri, jaga keluarga dan jaga negara. Mari bersama sukseskan pelaksanaan vaksinasi covid19 dan tetap disiplin protokol kesehatan.

Walikota Malang Sutiaji menyampaikan terima kasih dan penghargaan ini menjadi penyemangat dalam berinovasi untuk pemulihan ekonomi di daerah. “Berbagai inovasi sudah kita lakukan, ada ojir, ada program peningkatan rekening simpanan pelajar dan UMKM serta Business Matching antara dunia usaha dan lembaga jasa keuangan” ujarnya.(EM)

 

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment