Kota Malang Pompa Semangat Cegah Covid Lewat Tiga Lomba

Malang – Apresiasi positif patut disematkan atas berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Untuk mendorong semangat tersebut, Dinas Kesehatan berhasil memotivasi masyarakat lewat tiga lomba yang diselenggarakan. Diantaranya, Lomba Administrasi Kelurahan Siaga Aktif, Lomba Administrasi Posyandu, dan Lomba Pokja Kelurahan Sehat Kota Malang.

Dari 57 kelurahan di Kota Malang yang mengikuti Lomba Administrasi Kelurahan Siaga Aktif pada 9 -16 November 2020, Kelurahan Penanggungan, Klojen berhasil menjadi pemenang. Kelurahan Siaga Aktif dapat ditetapkan dengan beberapa indikator. Diantaranya memiliki kader kesehatan, kemudahan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari, dan Pembinaan PHBS di Rumah Tangga.

Selain lomba tersebut, Kecamatan Sukun patut berbangga. Pasalnya dua kelurahannya berhasil meraih juara. Kelurahan Karangbesuki menjadi pemenang Lomba Administrasi Posyandu. Sementara, Kelurahan Bandulan ditetapkan sebagai juara Lomba Pokja Kelurahan Sehat Kota Malang. Adanya lomba-lomba tersebut memotivasi masyarakat untuk memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan secara mandiri terutama di masa pandemi.

Tidak berhenti di situ, sepanjang tahun 2020 Dinas Kesehatan juga berhasil menyabet berbagai prestasi nasional dalam upaya mempertahankan Kota Malang yang sehat. Diantaranya sebagai Juara 2 Terminal Sehat Tipe C Tingkat Nasional yang menerapkan Protokol Kesehatan. Penghargaan STBM Berkelanjutan Kota Terbaik se-Jawa Timur dan Nasional dalam Kategori Suppy Creation 2020. Juga penghargaan nasional Lurah dan Natural Leader terbaik Kota SBS/ODF yang keduanya diraih oleh Kelurahan Tunjungsekar dalam upayanya mengubah perilaku masyarakat yang higenis dan saniter.

Diharapkan kedepannya, lomba-lomba dan berbagai prestasi tersebut menjadi bahan bakar untuk memompa semangat masyarakat berperilaku sehat dan bahu membahu menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Malang. (sfr)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment