Pemkot Malang Gandeng ITS dan UB Untuk Maksimalkan Potensi UMKM

Malang – Bertempat di Ngalam Command Center (NCC) pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020; telah dilaksanakan Penandatanganan MOU antara Pemkot Malang dengan ITS Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang.

Nota Kesepahaman tersebut disepakati dalam rangka untuk memaksimalkan potensi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Malang; khususnya di sentra industri keramik Dinoyo dan Sentra Keripik Tempe Sanan. Dalam hal ini secara khusus metode pengembangan hasil karya pelaku usaha akan ditingkatkan dengan menggaet pihak ketiga.

Menggandeng Institute Teknolosi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan UB Malang, Pemkot akan melibatkan tim ahli dalam pelatihan dan pendampingan secara maksimal khususnya bagi pelaku UKM dibawah naungan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan dengan adanya MOU dari ITS dan juga PKS dengan Universitas Brawijaya tersebut merupakan komitmen Pemkot Malang untuk terus memajukan potensi produk-produk UKM di daerah.

Terlebih, Perguruan Tinggi dinilai sebagai lembaga yang strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat dengan berbagai fasilitas dan SDM yang memadai.

“Dengan sejumlah keunggulan di kelembagaan inilah, kami harapkan baik ITS ataupun Universitas Brawijaya memberikan kontribusi terbaik bagi percepatan pembangunan daerah di segala bidang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadiskopindag Kota Malang, Wahyu Setyanto menjelaskan rencananya pihaknya akan memaksimalkan potensi pengrajin keramik di kawasan Sentra Keramik Dinoyo Kota Malang.

Tak hanya itu, Diskopindag Kota Malang dalam kesempatan tersebut juga melakukan penandatanganan PKS dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.

Hal ini kaitannya, kata Wahyu untuk memaksimalkan produk-produk makanan buatan produsen Kota Malang agar lebih maksimal pemasarannya dan terjamin tingkat higienitasnya.

Salah satu yang disasar yakni sentra Industri Tempe Sanan. Melalui kerja sama tersenut diharapkan, produk-produk makanan khas Kota Malang akan lebih dikenal luas baik kualitas dan kuantitasnya.

 

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment