Berita TerbaruDokumentasiHeadline

10 Nominator KIP Award 2020 Mempresentasikan Inovasinya

Malang (26/11) Disnaker PMPTSP, Dispendukcapil, Dispora, Dinkes, Kecamatan Blimbing, Bakesbangpol, Bappeda, Puskesmas Ciptomulyo, Puskesmas Pandanwangi, Puskesmas Janti. Ke-10 nominator tersebut bersaing dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award kota Malang Tahun 2020.

Tahap presentasi ke-10 nominator tersebut dilaksanakan di Ngalam Command Center (NCC) Balaikota Malang menitikberatkan pada monitoring, evaluasi dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. KIP Award memberikan manfaat seperti adanya jaminan hak bagi setiap orang untuk mengetahui rencana, program, proses, alasan pengambilan suatu kebijakan publik, mendorong partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dalam sambutannya menyampaikan pentingnya Keterbukaan Informasi Publik di era sekarang “Pemerintah dituntut untuk membuka diri kepada masyarakat guna memberikan informasi-informasi dan kebijakan-kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana saja. Terlebih dengan adanya UU nomor 14 tahun 2008 tentang KIP maka pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat.” Ujar Bung Edi panggilan akrab Wakil Walikota Malang

“Ekspetasi publik sangat tinggi sekali terhadap masalah pemerintahan khususya baiknya layanan atau baiknya pemerintahan, inilah yang akan ditekan sehingga antara realita dan ekspetasi publik itu kesenjangannya tidak terlalu, dan itu jawabannya inovasi, itu adalah kreatifitas dan hari ini ditampilkan, disampaikan. Saya optimis kedepan layanan di Malang kreatifitas dan keterbukaan informasi publik semakin baik karena didukung oleh SDM yang bagus, tinggal konsistensi, komitmen dan regulasi yang memadai bisa memayungi itu semua.” Ujar Bung Edi.(Sy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *