28 Nominator Dekranasda Award 2020 Mempresentasikan Karyanya

Malang – (23/11). Sandhya Nusantara, Bolder Korsase, funlearning_id, Ethnique handmade accessories, dTanbi, D’sil homemade, Eurika, Mekar de style, Dorothy Soeryo, Batik Blimbing, Poejangga Poesaka Djagad, Wisnu Batik, Madukara, Reramban, Eva Unique Accessories, Almira Handmad, HoD- Indonesia, Feby Ayusta, Dinara Wooden Heel, Dapoer Seni Tatik Simanjuntak, yeti topiah, Lurik’e gendhuk, GS4 Woodcraft , SAHAWOOD, Popatoy, Falasifa Indonesia, Percacita dan Karya Wiguna. Ke-28 nominator tersebut bersaing dalam Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Awards 2020.

Tahap presentasi 28 nominator terpilih dalam Dekranasda Award 2020 dilaksanakan di NCC Kota Malang menitik beratkan pada aspek sustainbality, inovasi, bisnis, marketing, branding dan skill presentasi. Dekranasda merupakan suatu lembaga yang memiliki tujuan untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan potensi yang ada terutama di bagian kerajinan tangan yang dapat dirangkai menjadi suatu produk yang berkualitas. Deskranasda merupakan tempat atau lembaga yang dibentuk untuk menuangkan bakat atau kekreatifan yang luar biasa.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Drs. Wahyu Setianto, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Dekranasda Award yang baru pertama kalinya di gelar pada tahun 2020 ini. “Alhamdulillah gaung ini sampai di luar kota, Banyak teman yang kontak saya dan itu mungkin akan dijadikan role model di daerah masing-masing” ujar Wahyu Setianto.

“Tidak hanya award saja, kami mempunyai tujuan untuk adanya pemulihan ekonomi. Kami akan berusaha semaksimal mungkin akan menggarap UMKM yang ada di Kota Malang” ujar Wahyu Setianto.

Lebih lanjut dekranasda ini mensasar pada 2 subsektor industri kreatif yaitu kriya dan Fesyen. Kriya merupakan segala kerajinan yang berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil. Kota Malang sendiri kaya akan kerajinan seni kriya. Fesyen merupakan subsektor industri kreatif yang berjalan sangat dinamis. Berbagai tren fesyen bermunculan setiap tahunnya karena inovasi dan produktivitas desainer . Saat ini, fesyen Kota Malang menunjukkan peningkatan daya saing yang signifikan.

Selanjutnya penganugerahan Dekranasda Award 2020 akan digelar 26 November 2020 di Gedung Kartini Imperials. (LG/EM)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment