Kunker Pemkot Pematangsiantar.

Bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang pada Rabu (21/10) telah dilaksanakan kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara. Kunker diterima langsung oleh Drs. Prayitno, M.Si Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kota Malang. Rombongan tamu tersebut berjumlah 18 orang yang dipimpin oleh Monaria Titonica AR Zendrato Kabag Tata Pemerintahan Pemkot Pematangsiantar dan M Hamam Soleh Kabag Humas Pemkot Pematangsiantar.

Dalam sambutannya, Prayitno menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang telah mengembangkan sistem pelayanan publik yang integrative, efektif dan efisien dengan membangun Office Block yang berada di kawasan timur Kota Malang. Salah satunya adalah pelayanan proses perijinan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Malang dan telah menjadi program unggulan di sektor publik. Serta telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat, dengan diberikannya penghargaan Citra Pelayanan Prima.

Selain itu, Prayitno menyinggung bahwa diberbagai perangkat daerah juga memiliki program unggulan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti aplikasi Sambat Rene Ker yang meraih penghargaan Top 30 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Pada tahun 2020 ini Kota Malang berhasil menyabet penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik melalui Inovasi Sepasar Pedas (Sekolah Pasar Pedagang Cerdas) yang dikembangkan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang.

“Tentu apa yang diraih menjadi sebuah tanggung jawab bagi pemerintah Kota Malang untuk mampu mempertahankan sekaligus meningkatkan tugas layanan public yang lebih baik lagi” Ujar Prayitno. Guna mendukung pencapaian tersebut, maka aparat pemerintah termasuk kelurahan dan kecamatan harus mampu mendorong dan memotivasi agar dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada di masing-masing wilayah.

Sementara pimpinan rombongan tamu Monaria Titonica AR Zendrato mengucapkan rasa terimakasih atas diterimanya kunjungan kerja pemerintah Kota Pematangsiantar di kantor pemerintah Kota Malang ini. Ia mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini merupakan kunjungan kedua di kantor pemerintah Kota Malang, setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2019 lalu. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari Pemkot Pematangsiantar kepada Pemkot Malang dan dilanjutkan diskusi bersama yang dibagi dalam beberapa klaster guna memberikan hasil terbaik antara kedua belah pihak. (MF)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment