Membangun kembali ekosistem Kesenian Kota Malang

Setelah masa pandemi berlangsung tidak dipungkiri bahwa Ekosistem Kesenian mengalami titik balik yang harus dibangun Kembali. Kabunga Group yang sudah memiliki program penyelenggaraan sanggar seni kampung ,mulai 2018 mulai melakukan uji coba kegiatan di 2 kecamatan yakni Kecamatan Blimbing yang terletak di gedung serbaguna Kantor Kelurahan Bunulrejo setiap hari senin pukul 18.30 dan di Kecamatan Kojen yang terletak di Sanggar Celaket Sasana Krida Budaya setiap hari rabu pukul 18.30.

Sebenarnya alasan yang palling mendasari dengan pengelompokan tiap kecamatan adalah lebih mudah pengontrolan bagi peserta dalam satu area tempat tinggal terkait menghindari penyebaran covid 19. Materi yang dibawakan oleh Kabunga adalah berbagai terapan kesenian yang dibutuhkan dalam pengembangan ekosistem kesenian seperti glass painting, desain batik, pembuatan kostum carnival, storry telling, menulis puisi, tecknik menari ,membuat sket dll. Proses akan berlangsung pada bulan oktober hingga desember 2020 yang akan di lanjutkan dengan pertunjukan dan Pameran pada Desember 2020. Yang Nantinya untuk penyempurnaan akan melibatkan Dewan Kesenian Malang selaku kuratorial publik dan konsultan bagi pengembangannya.

Dalam rencananya di tahun 2021 akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kota Malang dengan masing masing terpusat di satu kelurahan, JIka ekosistem telah terbangun kembali maka segala kegiatan akan semakin terangkai dan berhubungan satu sama lain. Tujuan yang diinginkan lainnya oleh kabunga group adalah mampu membantu seniman di kota malang untuk terus berbagi ilmu dan memberikan pelajaran bagi masyarakat kota Malang dan tetap memiliki pemasukan dalam berporses kegiatan pengajaran. Kesenian tidak hanya sebuah hobby atau kegemaran tapi memiliki kemampuan untuk menjadi media sosialisasi segala hal. Terlebih lagi bisa menambah pemasukan di era pandemi selain membangun rasa bahagia yang mendukung imunitas tubuh

Pelatihan pertama senin dan rabu di awal oktober adalah glass painting dengan kuota peserta terbatas dan ketersediaan tempat dengan protokol kesehatan, dengan instruktur tatik simanjuntak. Di gedung serbaguna Kelurahan bunul diikuti juga oleh ibu lurah, Dra.Yuke Siswanti M yang penuh semangat belajar dan terus belajar mendampingi beberapa warganya masih tetap dengan seragam kerja dan HT yang mendampinginya. Beliau sangat mendukung kegiatan Kabunga Group melakukan workshop yang bisa membawa banyak nilai positif bagi warganya.

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment