Berita TerbaruDokumentasiHeadline

World Cleanup Day di Kota Malang, Sutiaji Dorong Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Malang – Kampung therapi RW 03 kelurahan Sukun, menjadi prototipe pola kesadaran bersih lingkungan berbasis budaya dan kebiasaan. Itu terpotret saat Walikota Malang Sutiaji menandai peringatan Hari Bersih Se Dunia (World Clean Up Day) tingkat kota Malang (23/9 ’20). “Di sini (kampung RW 03) tidak ada yang namanya woro woro kerja bhakti atau pola pola mobilisasi door to door, karena bersih lingkungan sudah menjadi nilai. Setiap hari masing masing keluarga sudah melakukan bersih bersih di lingkungannya, sehingga tiap hari sudah tercipta lingkungan bersih, “info Lalu, Lurah Sukun Kecamatan Sukun.

Sementara itu, Walikota Sutiaji juga memberikan apresiasi positif pada warga RW 03 Kelurahan Sukun atas berbagai prestasinya dalam menjaga lingkungan disana. “Habit (kebiasaan, red) seperti ini yang harus diviralkan dan saya harapkan dapat diikuti di kampung kampung lainnya. Karena ini yang akan jadi solusi awal dari setiap permasalahan. Tanpa ada kesadaran dan kedisiplinan, sulit kiranya menggapai apa yang akan diharapkan. Terlebih pada kondisi pandemi covid 19 seperti saat ini, selama belum ditemukan vaksinnya, maka vaksinnya tiada lain adalah kedisiplinan, “respon pria yang kerap disapa Pak Aji tersebut usai mengunjungi kampung therapi RW 03 Kelurahan Sukun.

Ia juga menambahkan bahwa kampung tersebut adalah kampung pertama yang menjadi kampung ijo royo-royo di Kota Malang dan masyarakatnya sukses melestarikan sejak tahun 2012. “Hal ini patut kita apresiasi karena telah menjadi prilaku dan kebiasaan yang positif bagi warganya; tentu ini bukan hal mudah untuk diterapkan” lanjutnya.

“Saya mengajak seluruh warga Kota Malang untuk berprilaku hidup bersih karena hidup bersih bukan lagi suatu kewajiban namun sudah menjadi kebutuhan agar kesehatan kita juga terjaga” tutur Pak Aji.

Pesan penting yang juga disampaikan orang nomor satu di Kota Malang itu saat arahannya adalah peran serta Lurah sebagai pimpinan di wilayahnya untuk terus aktif mendorong masyarakat agar dapat meniru kampung RW 03 Kelurahan Sukun dalam melestarikan lingkungan dan konsisten menjadikannya sebagai suatu kebiasaan.(EM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *