Dari Ikut Pameran, sampai Memberdayakan Warga Setempat dengan Menyulam

Dalam rangka Pelantikan Pengurus Dekranasda pada Rabu (16/09), digelar pameran kerajinan di Balai Kota Malang yang dihadiri oleh berbagai UMKM Pengrajin yang ada di Kota Malang.

Salah satu stan yang mengikuti pameran tersebut memamerkan berbagai produk sulam. Almira, begitu nama produsen produk sulam itu disebut, mengaku bahwa semua produknya disulam menggungakan tangan, alias semuanya handmade. Pada pameran kali ini Almira membawa beberapa produknya yaitu jilbab, mukenah, bros, sandal, hingga masker.

UMKM yang satu ini juga membantu pemberdayaan warga dengan mempekerjakan ibu-ibu setempat untuk turut ikut pada workshop sulamnya. Tergabung dalam Persatuan Pengusaha Sulam dan Bordir Jawa Timur (Persadir), Almira juga kerap kali mengikuti pameran-pameran di berbagai daerah di Indonesia. “Kita sering ikut dulu sebelum Corona ini pameran-pameran, dari dinas selalu di luar kota, Surabaya, Semarang, Palembang, Batam, kalau dalam kota cuma acara-acara pameran yang di mall-mall” jelas Lisa, salah satu penjaga stan tersebut. Almira juga sempat mengikuti pameran di Semarang, di sana produsen produk sulam ini berkesempatan memamerkan karya-karyanya melalui Fashion Show.

Jilbab sulam menjadi salah satu produk terlaris Almira. Almira menyediakan jilbab cantik berbahan paris dan voal dengan hiasan sulaman tangan ini dibanderol dengan harga Rp85.000 sampai Rp150.000. Jilbab sulam ini pun kerap kali dipesan sebagai souvenir. “Tapi kalau untuk saat ini yang paling best seller maskernya,” ujarnya. Di masa pandemi ini, Almira berinisiatif membuat produk masker. Ada dua jenis masker yang ditawarkan yaitu masker dengan bahan suede dan katun, dengan harga Rp25.000 dan Rp35.000.

Almira juga bekerja sama dengan pengrajin lokal. Seperti produk sandalnya, produsen produk sulam ini bekerja sama dengan pengrajin sandal kayu asal Singosari untuk membuat alas sandalnya, untuk kemudian dipercantik dengan sulaman tangan.

Produk-produk Almira dipasarkan secara online melalui Instagram pada akun @almirahandmade atau dapat langsung mendatangi workshopnya di House Of Almira, Jl. Sunan Muria II No.16, Malang. Selain menjual produk-produk yang sudah tersedia, Almira juga menerima produk custom, lho. (NH)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi

Leave a Comment