Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Batik Kantil Bunulrejo: Cantik,Unik dan Ramah Lingkungan

Kegiatan pelantikan pengurus Deskranada yang bertempat di ruang sidang balaikota malang pada Rabu (16/09), dimeriahkan dengan hadirnya beberapa stand UMKM yang di undang langsung oleh Istri Walikota malang, Widiyati Sutiaji.

Yoessy modist merupakan salah satu produk UMKM yang berkesempatan hadir di balaikota malang. UMKM yang bergelut dibidang batik kantil bunulrejo ini telah berdiri sejak tanggal 23 November 2019.
Walaupun terbilang baru tetapi Yoessy Modiest ini telah menghasilkan banyak produk mulai dari kebaya, batik, jaket dan tentunya masker di era new normal ini.
Strategi yang dimiliki Ibu Yus, pemilik dari Yoessy Modist ini tiap 3 bulan sekali membuat desain batik baru yang tentu tidak melupakan bunga kantil sebagai ciri khasnya.
Produk bajunya sendiri selain mengikuti trend juga mengangkat tema dari kota malang. Contohnya jaket yang beliau buat dengan sentuhan batik bunga kantil yang ditambahkan dengan lukisan kampoeng warna warni jodipan.

Ciri khas lain dari Yoessy Modist adalah batik unyu-unyu dengan karakter anak-anak yang dilukis diatas kain batik.

Ibu Yus juga menjelaskan bahwa dalam proses pembuatan batik beliau meminimalisir limbah yang dapat merusak lingkungan dengan cara meminimalkan proses pewarnaan dan penggunaan lilin yang sedikit.
“Meskipun dengan sedikit lilin itu tetap menjadi batik tulis, karena limbah lilin itu jahat banget. Saya modif juga antara batik dengan lukisan”ujar pemilik yoessy modist yang juga gemar melukis. (YN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *