Walikota Sutiaji Apresiasi SPBU Yang Turut Beri Woro-Woro Protokol Covid-19 Pada Pelanggan

Malang – Terbitnya Perwal nomor 30 tahun 2020; membuat berbagai pihak untuk terus mengetatkan penerapan protokol Covid – 19. Salah satunya adalah PT. Pertamina yang hari Selasa tanggal 1 September 2020 memberikan promo masker reusable gratis kepada pembeli BBM perta series di wilayah Kota Malang.

Produk BBM Perta Series terdiri dari Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Dex yang merupakan produk ramah lingkungan. Promo ini berlaku di 10 SPBU wilayah Kota Malang dengan syarat pembelian minimal nominal tertentu dan dengan menggunakan cashless payment aplikasi Mypertamina; salah satunya adalah di SPBU Ciliwung di Jl Letjen S. Parman Kota Malang.

Promo dimulai pada 1 September 2020 dengan jumlah masker total 2000 pcs masker.

“Berkaitan dengan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 itu saya kira tidak bisa berdiri sendiri. Salah satu dari usaha kita merangkul semuanya dan memang kepedulian dari teman-teman pertamina. Karena pakai masker bisa mengurangi 50 sampai 60 persen penularan,” ujar Walikota Malang, H. Sutiaji saat membagikan masker tersebut pada konsumen.

Bahkan dalam hal ini, ia mendorong setiap SPBU nantinya sekaligus bisa melakukan sosialisasi mengenai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada konsumennya.

Caranya adalah dengan memasang pengeras suara atau melibatkan petugas SPBU untuk rutin memberikan edukasi mengenai pentingnya disiplin bagi masyarakat untuk selalu memakai masker, dan jaga jarak atau physical distancing.

“Kami akan memberikan surat kepada semua SPBU, kalau bisa ini ada woro-woro atau sosialisasi untuk mengingatkan penggunaan masker, physical distancing, cuci tangan dan diusahakan melakukan pembayaran non tunai itu tentu bagi SPBU yang sudah siap,” terangnya.

Harapannya, keterlibatan seluruh elemen dalam memberikan edukasi maka kesadaran untuk disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 akan tumbuh pada masyarkat. Di samping juga menggalakkan sistem pembayaran non tunai.

“Diusahakan yang pakai barcode atau non tunai bonus gratis masker. Kenapa, karena harapannya non tunai itu bisa memutus mata rantai itu (Covid-19), dengan transmisi uang. Harapannya ini usaha untuk itu,” tandasnya.

Saat ini di wilayah Kota Malang dan Malang Raya sedang dijalankan program pembayaran non tunai di SPBU sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 melalui uang tunai yg sudah dijalankan mulai tanggal 1 Juli 2020.

Pertamina juga menerapkan Protokol Pencegahan COVID-19 di SPBU termasuk di Kota Malang dan Malang Raya, yang terdiri dari pemakaian APD berupa masker, sarung tangan dan face shield oleh petugas SPBU, penyediaan wastafel, serta ketentuan tidak melayani pembeli yang tidak menggunakan masker.(TS)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment