Berita TerbaruHeadline

Pemkot Malang Beri Beasiswa Bagi Siswa Kota Malang Mulai Jenjang SD sampai Kuliah

Malang – Senin tanggal 20 Juli 2020 bertempat di Halaman Depan Balaikota Malang telah dilaksanakan pemnyerahan aecara simbolis beasiswa dari Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang oleh Walikota Malang, H. Sutiaji.

Dalam tahap awal ini, setidaknya ada 481 pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga mahasiswa perguruan tinggi yang mendapatkan bantuan tersebut. Dengan rincian 100 siswa tingkat SD dan sederajat, 100 siswa SMP dan sederajat, 100 siswa SMA dan sederajat, 100 siswa SMK, dan 81 mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Kota Malang maupun di luar Kota Malang. “Total anggaran yang kami siapkan kurang lebih mencapai Rp 3 Miliar; beasiswa tersebut untuk saat ini hanya diberikan kepada pelajar berprestasi yang kurang mampu” ujar Walikota Sutiaji.

Walikota Sutiaji menjelaskan, beasiswa yang diberikan diserahkan dalam bentuk uang yang akan di transfer langsung ke rekening masing-masing penerima. Tiap penerima mendapatkan besaran yang berbeda sesuai kriteria yang ditetapkan. Untuk tingkat SD dan sederajat akan mendapat bantuan senilai Rp 220 ribu per bulan.

Kemudian untuk tingkat SMP dan sederajat akan mendapat beasiswa sebesar Rp 330 per bulan. Selanjutnya untuk tingkat SMA dan sederajat mendapat beasiswa sebesar Rp 440 ribu perbulan, dan untuk mahasiswa mendapat beasiswa sebesar Rp 600 ribu per bulan bagi yang berkuliah di Kota Malang dan Rp 900 ribu per bulan untuk yang di luar Kota Malang.

“Besaran biayanya yang kuliah di Kota Malang dan luar Kota Malang memang beda. Karena disesuaikan dengan biaya hidup masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Zubaidah menambahkan, beasiswa tersebut akan diberikan kepada setiap pelajar maksimal sampai lulus. Dengan catatan, siswa yang berkaitan harus terus mempertahankan dan meningkatkan prestasinya.

“Akan kami evaluasi setiap bulan. Jika diberi beasiswa tapi ada kemerosotan, maka beasiswa akan diberikan ke siswa yang lain,” pungkasnya. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *