Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Walikota Sutiaji Tinjau Lokasi Pelaksanaan UTBK di Kota Malang

Malang – Hari pertama pelaksanaan UTBK di Kota Malang di mulai hari ini. Walikota Malang, H. Sutiaji meninjau langsung kesiapan Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Malang hari Minggu (5/7).

“Kunjungan saya kali ini, untuk memastikan apakah protokol kesehatan Covid-19 telah diterapkan dengan baik, sesuai dengan surat permohonan yang diajukan beberapa waktu lalu” ujar Walikota Sutiaji.

Walukota Sutiaji tak ingin UTBK menjadi kluster baru penyebaran Covid-19, sehingga ia menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK.

Bayangan saya sebelumnya, lanjut Sutiaji ada penumpukan peserta ketika menaiki lift, ternyata sudah difilter dengan baik. Secara keseluruhan sudah bisa diatur dengan bagus.

Walikota Sutiaji meninjau mulai tahapan peserta datang, cuci tangan, di thermo gun, meletakkan tas, menggunakan sarung tangan dan masker medis bukan kain, masuk ruang transit, antrian masuk lift/ruangan, hingga duduk di depan komputer. “Di FK tadi sudah bagus dan bisa diseragamkan untuk semua gedung. Contohnya di Filkom, ketika transit seharusnya tas sudah tidak dibawa, tinggal masuk ruangan saja. Dan tas tidak boleh ditumpuk, agar tidak terjadi transmisi antar tas,” imbuhnya.

Sutiaji juga menambahkan bahwa penggunaan komputer antara sesi pertama dan sesi kedua dapat bergantian. Artinya komputer yang digunakan pada sesi pertama dan sesi kedua itu berbeda sehingga dapat menghindari transmisi virus melalui komputer; penyemprotan desinfektan pun akan lebih maksimal.

Jumlah pendaftar UTBK di UB adalah 19.859 orang, dengan menggunakan 56 ruang lab komputer dan 2.180 komputer yang terbagi ke dalam 17 lokasi di dalam Kampus UB. Dimana penggunaan komputer harus separuh ruangan, seperti 20 komputer hanya dipakai 10 komputer per sesi berdasarkan jarak. Dengan waktu sesi pertama pada pukul 09.00-11.15, dan sesi kedua pada pukul 14.00-16.15 WIB.

Sama halnya dengan pelaksanaan UTBK di Universitas Negeri Malang; satu ruangan maksimal hanya di isi oleh 15 peserta; dengan tujuan untuk menjaga physical distancing pada masing-masing peserta.

Didampingi oleh Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Letkol. (Inf) Tommy Anderson; Walikota Sutiaji mengunjungi UM dan berdialog dengan Rektor UM sesaat sebelum sesi kedua pukul. 14.00 WIB di mulai. (TS/EM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *