“Musuh” Itu Masih di Depan Kita, Tambah 1 (Satu) Positif Baru

 

Demikian ditegaskan Walikota Malang Sutiaji melalui Kabag Humas Kota Malang, Widianto, mencermati perkembangan covid 19 di kota Malang. “Iya kita bersyukur, 3 (tiga) PDP positif telah sembuh dan dipulangkan serta tetap harus menjalankan isolasi mandiri secara ketat dan juga tetap diobservasi perkembangannya, “tutur Pak Aji. Namun, imbuh pria penghobi bulu tangkis tersebut, warga kota Malang tidak boleh lengah, tetap waspada dan patuh terhadap himbauan pemerintah.
Peringatan walikota tersebut sebagaimana dituturkan Widianto, karena ada indikasi begitu mendengar kabar baik itu, warga merasa situasi sudah aman. “Ini sangat tidak boleh. Jangan mudah menyepelekan dan menyederhanakan perkembangan yang ada. Terlebih perlu saya informasikan, baru ter up date ada tambahan 1 (satu) positif baru. Artinya “musuh” (corona) masih didepan kita, “tegas Wiwid, demikian Kabag Humas Kota Malang akrab di sapa. Ditambahkan pula oleh Wiwid, ada penambahan PDP baru juga yang masuk di rumah sakit rujukan kota Malang.
Terkait 1 (satu) pasien positif covid 19 yang baru dilansir, Kabag Humas Kota Malang yang juga didapuk menjadi bagian dari jubir satgas Covid 19 kota Malang, menuturkan bahwa pasien tersebut laki laki, tidak memiliki riwayat keterkaitan dengan PDP positif sebelumnya dan atau dengan PDP yang sedang dalam perawatan. “Yang bersangkutan berasal dari Jakarta, sedang menempuh pendidikan di kota Malang, dan di sini (kota Malang) kost. Mengalami gejala klinis setelah menempuh perjalanan dari Jakarta, dan sudah masuk perawatan pada 20 Maret kemarin, dan baru hari keluar hasil labnya. Kalau mengacu data kependudukan sebagai warga Jakarta, seharusnya tidak menjadi data PDP positif kota Malang sebagaimana warga kabupaten Malang yang juga sedang dirawat di rumah sakit rujukan di kota Malang. Namun karena bentang kendali domisili memang relatif jauh dan apabila sembuh akan diisolasi di Malang, maka masuk dalam data kami (kota, red), “urai Wiwid.
Menyikapi hal itu, kembali Walikota Malang melalui Kabag Humas meminta masyarakat untuk tetap melakukan social distancing, beraktifitas di rumah saja, physical distancing dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat. “Pak Wali juga menyampaikan pesan, dengan memperhatikan situasi yang dan sebentar lagi akan memasuki tradisi mudik, maka dihimbau, disaran pertimbangkan dan mengharapkan keikhlasan warga untuk sementara waktu tidak pulang kampung. Baik yang keluar Malang atau pun yang akan kembali ke kota Malang, “info Wiwid.
Data Covid19 Kota Malang Per 29 Maret 2020:
a. ODP 165 (99 dipantau, 66 telah melewati masa pantau)
b. Positif Covid-19 : 4
– sembuh 1 ( RSSA- rumah)
– sembuh 1 (RSSA- rumah)
– sembuh 1 (RST- rumah)
– dirawat 1 (RKZ), catatan : mahasiswa (asli jkrta), kost di Mlg, sebelumnya sdh dlm perawatan. Scra data, sprti halnya warga batu dan kab Mlg, tdk dimasukkan data kota, namun memperhatikan bentang kendali dg domisilinya jauh maka diampuh jadi data kota mlg.

c. PDP total : 16 org
– meninggal 1 ( RSSA )
– meninggal 1 (RS Lavalette)
– sehat 5 ( 2 RKZ 3 Lavalette )
masih dirawat 9 org:
– Lavalette 2
– RST 2 (baru masuk)
– RSUD kota 1
– RS Prima Husada 1
– RSSA 2 (baru masuk)
– RKZ 1

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment