Berita TerbaruHeadline

Kota Malang Mulai Tingkatkan Pengetatan Lewat Physical Distancing

Langkah progresif dilakukan Polresta Malang, didukung Pemkot Malang dan Kodim 083 Kota Malang. Setelah secara bersama melakukan “push” dalam pelaksanaan social distancing, work from home/WFH (bekerja dari rumah) hingga activity at home (beraktifitas di rumah), kita pengetatan interaksi di tingkat melalui physical distancing (pembatasan pertemuan orang per orang di luar rumah).
Menandai hal itu, dilaunching kawasan jalan Ijen (28/3 ’20) menjadi salah satu titik pelaksanaan physical distancing. Dihadiri Walikota Malang Sutiaji dan Dandim 083 Kota Malang Tommy Anderson, apel pelaksanaan pengamanan kegiatan physical distancing, dipimpin langsung oleh Kapolresta Malang Leonardus Simarmata.
Disela sela giat, Sutiaji, Walikota Malang menekankan angka kasus terus bergerak. “Artinya, badai corona bisa menerpa siapa saja. Penetapan jalan, kawasan dan perumahan untuk dijadikan sasaran physical distancing, merupakan bagian dari langkah memutus mata rantai sebaran covid 19. Ini juga dipicu oleh masih saja ada publik yg belum terbangun kesadaran akan bahaya corona, sementara fluktuasi angka amat sangat mengkhawatirkan. Semua yang dilakukan pemerintah pusat hingga daerah, untuk berkeinginan menyudahi secepatnya, “tegas Pak Aji, demikian Walikota Malang akrab disapa.
Sementara Kapolresta Leo menyatakan penetapan zona pshicaly distancing utk titik kota Malang, melengkapi kebijakan WFH dan social distancing. “Ini langkah yg ke – 3, dan ini jelas menukik hubungan orang per orang, “tekan Leonardus. Ditambahkannya jalan Ijen (koridor dari gereja ijen hingga depan Akper) dijadikan zona jalan percontohan yang disasar, dan ada kemungkinan menyasar kawasan jalan lain, di antara jalan Soekarno Hatta. Pastinya akan kita jaga, tidak ada mobilitas orang, mobil atau pun roda 2. Pengiriman barang akan berhenti di batas yang ditentukan, dan selanjutnya ke rumah hunian akan dibawakan serta dihantar petugas. Jelas Kapolresta Malang.
Ditambahkan oleh Kapolresta yang juga pernah bertugas di kota Batu tersebut, selain menyasar kawasan jalan, physical distancing juga akan menyasar kawasan perumahan dan perkampungan. “Akan ada 10 perumahan yang kita jadikan (semacam) pilot project, di antaranya perumahan ijen Nirwana, perumahan Araya dan perumahan Permata Jingga. Waktu pelaksanaannya sabtu dan minggu, dengan pengaturan pada sabtu dan minggu dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 wib dan pukul 19.00 s/d 23.00 wib. Kita bikin one gate sistem dan kita tutup jalan jalan tikus yang masuk. Saya minta kita edukasi bersama. Sadar akan banyak pertanyaan, namun harus kita lakukan bersama untuk keselamatan kita semua.
Peluncuran zona physical distancing juga diikuti dengan penyemprotan disinfectan dengan menggunakan mobil water canon polresta Malang, serta diteruskan pelaksanaan giat di perumahan Permata Jingga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *