Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Bung Edi Dorong Generasi Muda Manfaatkan Pelatihan Ketrampilan Kerja Gratis

SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi salah satu fokus ladang garapan Pemerintah. Itu ditekankan berulang kali oleh Presiden Jokowi dalam setiap rapat maupun pertemuan dengan Kepala Daerah (Provinsi, Kota/Kabupaten) se Indonesia. Seperti diutarakan pula oleh Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko disela sela kegiatan dinasnya.
“Iya memang demikian. Saat saya hadir di acara rakornas Kepala Daerah dan Jajaran Forkopimda se Indonesia, Bapak Presiden menekankan dan menitipkan pesan berkali kali untuk program pembekalan sumber daya manusia. Mendorong untuk terbukanya akses bagi para pemuda untuk mendapatkan ketrampilan teknis, “tutur Bung Edi, demikian Wawali Malang akrab disapa. Dan, Pemerintah, sebagaimana diutarakan Bapak Presiden maupun Bapak Menko Perekonomian, telah menyiapkan dana pelatihan (APBN dan APBD provinsi, red) secara gratis. Ini harus ditangkap dan dimanfaatkan secara maksimal, khususnya Camat dan Lurah bisa menginfokan secara meluas kepada pemuda pemudi di wilayahnya masing masing, “ujar Sofyan Edi.
Beberapa informasi yang didapat dan bisa jadi peluang untuk dimanfaatkan, sebagaimana diinfokan Wawali Edi melalui Humas kota Malang adalah pendaftaran pelatihan kerja gratis di UPT BALAI LATIHAN KERJA Singosari, jl. Raya Singosari No. 1 Malang.
“Info ini harus teralir, dan belum tentu semua tahu. Maka menjadi tugas kita (Pemda, red) pula untuk dapat menyebarkan dan bila memungkinkan menghantarkan pemuda pemudi di kota Malang untuk dapat terakses secara maksimal dalam prosesnya, “harap Bung Edi. Tentu ini kami lihat pula sebagai bagian solusi yang bisa dimanfaatkan untuk makin menekan tingkat pengangguran terbuka di kota Malang yang relatif tinggi. Imbuh alumni Universitas Merdeka Malang tersebut.
Sebagaimana info terlansir, beberapa program pelatihan gratis APBN dan APBD, meliputi Program yang dibiayai APBN, gelombang I pendaftaran mulai tanggal 24 februari – 23 Maret 2020. Tes tulis dan wawancara dilaksanakan pada 26 Maret 2020, untuk jenis pelatihan (Kejuruan) :
1. Teknik Sepeda Motor
2. Otomasi Industri
3. Room Attendant (perhotelan)
4. Junior Administratif Assistant
5. Operator Komputer
6.Pembuatan Hiasan Busana dengan Mesin Bordir
7. Teknisi Telepon Seluler

Gelombang II untuk pelatihan yang dibiayai APBN, pendaftaran mulai tanggal 24 Februari – 9 April 2020. Tes Tulis dan wawancara dilaksanakan pada 14 April 2020, dengan jenis pelatihan meliputi :
1. Operator Otomasi PLC
2. Pengelasan SMAW 3 G
3. Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi
4. Teknik Instalasi Listrik

Ada pun Gelombang III, pelatihan yang didanai oleh APBD Provinsi, pendaftaran mulai tanggal 24 Februari – 9 April 2020. Tes Tulis dan wawancara dilaksanakan pada 14 April 2020, dengan jenis pelatihan meliputi :
1. Administrasi Kantor
2. Sepeda Motor
3. Teknisi Komputer
Persyaratan calon peserta pelatihan yang harus dilengkapi adalah foto copy ktp/ surat keterangan domisili (1 lembar), foto berwarna (pakaian kemeja putih & berdasi background biru) ukuran 3×4 (5 lembar), foto copy ijazah/surat keterangan lulus (1 lembar) dan usia pesert 17 tahun sampai 45 tahun. Ada pun prosedur pendaftaran, calon peserta datang langsung ke BLKI Singosari pada jam kerja Senin – Jumat pukul 07.30 s/d 14.30 wib untuk mengisi formulir dan melampirkan persyaratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *