Berita TerbaruHeadline

Sutiaji Himbau Masyarakat Untuk Pisahkan Sampah Mulai Dari Rumah

Malang – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkot Malang menggelar Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Puncak Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) di Alun-Alun Kota Malang, Minggu (1/3).

Walikota Malang, H. Sutiaji menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah; karena di Kota Malang dari hari ke hari volume sampah semakin meningkat.

“Kita harus bisa merubah pola hidup masyarakat mulai sekarang, masyarakat harus terbiasa memisahkan sampah organik dan non organik sejak dari rumah agar ketika sampah di terima TPS dan TPA; sampah tersebut sudah terpilah” katanya.

Gerakan GASS, lanjut Sutiaji, juga merupakan salah satu upaya Pemkot Malang untuk mewujudkan kebiasaan tersebut.

Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada tahun 2020.  Hari peduli sampah dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam pengelolaan sampah.

Walikota Malang juga berinisiatif untuk segera membentuk polisi lingkungan yang akan bertugas untuk membangun kesadaran masyarakat mengurangi sampah sekaligus membudayakan buang sampah pada tempatnya.

Selain akan membentuk polisi lingkungan, Pemkot Malang akan memasang kamera pengintai (CCTV) di beberapa titik, termasuk di wilayah sungai yang kerap dimanfaatkan warga untuk membuang sampah.

“Nanti akan dipasang ribuan CCTV. Untuk merekam masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” tegas dia.

Senada dengan Walikota Sutiaji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Rinawati menambahkan, pihaknya akan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melembagakan hidup bersih dan pengelolaan sampah. “Agar bisa menjadi budaya. Sehingga, kami bisa mendorong masyarakat untuk berperilaku ramah lingkungan,” papar dia.

Tidak hanya membangun kesadaran untuk pengelolaan sampah saja, DLH juga mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan. “Salah satunya, dengan kegiatan tanam pohon. Kegiatan semacam ini akan terus kami lakukan,” tandasnya. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *