Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Pasar Pintar Joyo Agung, Satu-satunya Pasar Non Tunai Di Kota Malang

Malang – Kamis (20/02) bertempat di wilayah Kelurahan Merjosari, telah dilaksanakan Peresmian Pasar Pintar Joyo Agung oleh Walikota Malang, H. Sutiaji. Pasar rakyat tersebut melakukan berbagai transaksi tanpa uang tunai; selain itu pasar pintar Joyo Agung juga dikonsep dengan penerapan teknologi digital.

Walikota Sutiaji menjelaskan bahwa melalui aplikasi malltronik yang dapat diunduh pada playstore di android. “Pembeli dapat langsung membeli barang tanpa harus mengeluarkan uang cash” ujarnya.

Para pedagang, lanjutnya yang berjualan di Pasar Pintar Joyo Agung tersebut merupakan orang-orang yang sesungguhnya belum terbiasa untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai. Berbeda halnya dengan generasi milenial yang telah terbiasa cashless.

Karena itu, diperlukan pembekalan atau edukasi secara berkelanjutan kepada para pedagang untuk membiasakan diri berjualan tanpa menggunakan uang tunai. Selain itu, fasilitas pendukung untuk kelancaran transaksi juga dibutuhkan di Pasar Pintar Joyo Agung.

“Pedagang ini bukan merupakan masyarakat milenial. Mereka memang pedagang sejak dulu, yang sekarang dilengkapi dengan kemudahan teknologi,” kata Sutiaji.

Sutiaji berharap agar dengan adanya pasar ini masyarakat di wilayah Joyo Agung dapat lebih dimudahkan dalam memenuhi kebutuhannya. “Saya ingin jika nantinya hal ini dapat ditiru dan dilaksanakan pada pasar-pasar rakyat lainnya” tandas Sutiaji.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sutiaji beserta istri dan rombongan tamu lainnya juga berkeliling masuk dan meninjau kondisi dalam pasar Joyo Agung. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *