Sutiaji Dorong Program Non Fisik Daripada Fisik di Musrenbangcam Klojen

E Catalog Lokal menjadi salah satu bahasan yang disampaikan Walikota Malang Sutiaji kala menyapa peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Klojen Tahun 2020 di aula pertemuan kecamatan Klojen (19/2 ’20).

“Jadi ini (e catalog lokal), diinisiasi dan keinginan kuat untuk bisa menampung produk produk lokal mampu masuk dalam proses pengadaan barang dan jasa. Khususnya terkait makanan, karena banyak pelaku UMKM makanan yang tersebar di 5 (lima) wilayah kecamatan. Harusnya mereka tidak hanya jadi penonton, tapi juga secara langsung bisa ikut terwadahi dalam proses pengadaan mamin yang ada di pemerintahan. Tentu harus ada wadah yang mengampuh, dan yang kita dorong dalam hal ini adalah lembaga koperasi, ada pun jenis produknya sudah masuk (terinput) dalam catalog lokal, “urai Pak Aji, demikian walikota Malang, akrab disapa.

Musrenbangcam Klojen yang digelar dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, juga menjadi media Walikota Malang dalam mematrikan kebijakan penataan kawasan Kajoe Tangan menjadi sentral kawasan heritage. “Ini di wilayah kecamatan Klojen, sehingga saya harap kebersamaan langkah untuk mewujudkannya secara optimal. Artinya tidak hanya bersifat langkah langkah program fisik, perlu langkah pemberdayaan sosial, budaya dan ekonomi yang mampu menopangnya. Merumuskannya salah satunya melalui kanal musren ini, “tegas Sutiaji.

Hal lain yang ditekankan alumni IAIN Malang tersebut, setiap lurah harus tahu dan memahami alur gerak potensi banjir di wilayahnya. Untuk tahu itu, harus turun ke lapangan, lebih lebih di musim hujan. Tegas pria pecinta kuliner pedas tersebut.

Dipenghujung arahannya, suami Hj. Widayati Sutiaji menitipkan agar kegiatan non fisik lebih didorong dan diperbanyak dibandingkan dengan program program fisik.

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment