Studi Banding Pemerintah Kabupaten Garut

Malang – Bertempat di Ruang Majapahit Balaikota Malang pada Kamis (30/01) telah dilaksanakan Kunjungan Studi Banding Pemerintah Kabupaten Garut. Kunjungan ini diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Nuzul Nurcahyono. Rombongan tamu dari Pemerintah Kabupaten Garut yang berjumlah 12 orang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Garut Ir. H. Deni Suherlan, M.Si

Nuzul Nurcahyono menyampaikan menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan memilih Kota Malang untuk dijadikan studi banding. dalam sambutannya Nuzul menjelaskan seputar pelaksanaan kebijakan pelayanan publik dan kebijakan reformasi birokrasi di Kota Malang. “Pada hakikatnya otonomi daerah dalam UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah merupakan wujud pelaksanaan desentralisasi. Dalam hal ini Pemerintah Daerah melaksanakan fungsi untuk mengatur dan mengurus kewenangan daerah berdasarkan kepentingan masyarakat, agar melaksanakan fungsi pemerintahan tersebut dapat berjalan dengan baik”, ujar Nuzul.

Pembentukan perangkat daerah di Kota Malang bukan semata-mata hanya keinginan daerah akan tetapi atas dasar kebutuhan, kemampuan dan potensi. “ Adanya kecenderungan masing-masing daerah untuk membentuk perangkat daerah bukan berdasarkan kebutuhan, kemampuan, dan potensi; tetapi semata-mata hanya didasarkan pada keinginan daerah. Hal ini mengakibatkan pembengkakkan organisasi yang berdampak pada pembebanan daerah.“ ujar Nuzul.

“Pemerintah kota malang telah menerbitkan perda kota malang Nomor 5 Tahun 2019 tentang perubahan perda kota malang no.7 tahun 2016 tetang pembentukan dan susunan perangkat daerah; dengan satu harapan, mampu membentuk organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi dan sesuai ukuran. Dengan adanya perampingan struktur organisasi dan birokrasi, diharapkan pembelanjaan pegawai dapat ditekan dan belanja publik dalam APBD dapat meningkat, sehingga ke depan akan mampu membawa perubahan signifikan terhadap peningkatan layanan publik dan proses pembangunan di segala bidang kehidupan.” Ujar Nuzul.

Sementara itu, Pimpinan rombongan tamu menyampaikan tujuan kunjungan studi banding yang terkait akan struktur organisasi. “Jadi maksud kedatangan kami disini, kami datang bersama-sama terkait dengan masalah organisasi karena pada saat ini suasananya menghangat sekarang ini, presiden yang menyatakan eselon 3 dan eselon 4 yang akan dihilangkannya. ”, ujar Deni Suherlan.

“Bagaimana masalah lembaga atau organisasi pemerintahan Kota Malang, Sehingga ada sesuatu yang dapat mereka pelajari ketika kembali ke Kota Garut.” Tambah Sekda Kabupaten Garut Deni Suherlan.(MA/KVA).

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment