Berita TerbaruHeadline

Ekonomi Kreatif Malang Menarik “Minat” Kabupaten Bandung

Era kerjasama antar daerah menjadi poin penting dari gawe tanding antara Korpri kota Malang dengan Korpri Kabupaten Bandung (30/11 – 1/12 ’19) yang di gelar di Gedung Olah Raga (GOR) Sijalak Harupat, Kabupaten Bandung. Demikian diungkapkan Dadang M. Nasir, Bupati Bandung saat menyambut Tim Korpri Kota Malang yang dipimpin secara langsung oleh Walikota Malang, Sutiaji yang didampingi Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko dan Sekkota Wasto.


“Kami berterima kasih atas perkenan kehadiran Pemkot Malang. Dan ini luar biasa, karena selama ini kecenderungan kerjasama hanya terbingkai antara Pemerintah Kabupaten (yang tergabung dalam APKABSI, red) dan jarang sekali antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kota. Karenanya, kami sambut pertemuan ini, dan berharap ditingkatkan dalam kerjasama dagang antar dua daerah, bisa dalam bentuk penguatan transaksi di antara para pelaku UMKM kabupaten Bandung dengan pelaku UMKM kota Malang, “urai Dadang M. Nasir. Diungkapkan pula oleh Bupati Bandung yang telah memasuki 2 (dua) periode kepemimpinannya tersebut, bahwa salah satu potensi kuat yang ingin “ditiru” oleh kabupaten Bandung adalah kekuatan ekonomi kreatif kota Malang.
Merespon apa yang diutarakan Bupati Bandung, Walikota Malang Sutiaji membuka diri untuk penguatan kerjasama lebih lanjut. “Terlebih Bapak Bupati juga menginfokan pengembangan kampung kampung tematik, ini pas dan memiliki kemiripan sehingga konsep kerjasama antar daerah sangatlah realitistis, dan tentu apa yang disampaikan (pentingnya hubungan kelembagaan APKABSI dan APEKSI, red) akan saya alirkan pula dalam forum rapat APEKSI. Kita akan dorong menjadi isu strategis atas nilai penting hubungan dan kerjasama antar daerah, agar putaran uang dan ekonomi terus bisa bergerak secara sistemik, “utara Pak Aji, demikian Walikota Malang akrab disapa.
Pertemuan dua daerah makin seru karena dua petinggi ke 2 daerah juga langsung turun tanding. Diawali dengan tanding tenis meja antara Bupati Dadang dan Walikota Sutiaji. Pun juga tanding double Bupati Dadang yang berpasangan dengan Kadisbudpar Bandung melawan pasangan Wawali Sofyan Edi Jarwoko dengan Sekdin Naker kota Malang, Hengki. Persamuan tanding tenis meja itu pun dimenangkan Bupati Dadang. Namun, ganti, ditanding bulu tangkis, jawaranya Walikota Sutiaji, meski lawan yang dimainkan pemkab Bandung adalah atlet andalan korpri kabupaten Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *