Berita TerbaruHeadline

Pemkot Malang Sukses Pertahankan Predikat Swasti Saba Wistara

Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali meraih penghargaan di bidang Kota/Kabupaten Sehat. Dibawah kepemimpinan Walikota Malang, H. Sutiaji, Pemkot berhasil meraih Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan diterima langsung oleh Wakil Walikota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan, Supranoto serta Ketua Forum Malang Kota Sehat, Harinoto.

“Penghargaan ini diraih Kota Malang karena dukungan serta kerjasama dari semua elemen yang ada di Kota Malang” ujar Sofyan Edi saat penyerahaan penghargaan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri (19/11).

Swasti Saba merupakan penghargaan untuk kota atau kabupaten sehat yang terbagi dalam beberapa tingkatan yakni tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Indikator dalam meraih predikat sebagai kota sehat cukup banyak dan lintas sektoral. Beberapa indikator yang dinilai oleh tim penilai meliputi polusi udara, penyakit tidak menular, sampah, hingga komitmen pemerintah dalam bidang kesehatan dan menciptakan kawasan yang sehat.

Sofyan Edi menambahkan bahwa Pemkot Malang dalam hal ini Walikota Malang akan terus berkomitmen untuk meningkatkan standart hidup sehat di Kota Malang berdasarkan tujuh tatanan yang telah kita laksanakan. Ketujuh tatanan dimaksud adalah tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan tatanan sosial yang sehat.

“Berbagai inovasi akan terus kita lakukan dalam kaitannya mewujudkan Kota Malang yang sehat sehingga makin memantapkan diri sebagai Kota Layak Huni” tambahnya.

Kedepan, lanjut Sofyan Edi, kami berharap agar seluruh masyarakat terus mendukung program kerja Pemkot Malang agar prestasi ini tidak berhenti di sini. Pada penilaian berikutnya, kita ingin agar Kota Malang dapat mempertahankan prestasi ini, tentu dengan bantuan Forum Malang Kota Sehat. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *