RW 07 tlogomas Raih Kampung Proklim Tingkat Nasional

2 Oktober 2019, menjadi hari prestasi untuk kota Malang. Bagaimana tidak dalam sehari, kota Malang meraih 3 (tiga) prestasi. Pertama penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diterima Walikota Sutiaji di Kementerian Kesehatan, kedua penghargaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Wawali Sofyan Edi Jarwoko, dan yang ke tiga adalah penghargaan Kampung Pro Klim Tingkat Nasional yang diraih RW 07 kelurahan Tlogomas, kecamatan Lowokwaru, kota Malang. Penghargaan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar kepada Ketua RW 07 kelurahan Tlogomas. Sutrisno Atim, di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jakarta (2/10 ’19).

Program Kampung Iklim (ProKlim) sendiri adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca. Kriteria yg dinilai secara nasional adalah Aksi Mitigasi, Aksi Adaptasi, Aksi Resilient (ketahanan pangan, antisipasi bencana, dan kesehatan), partisipasi masyakarat terhadap pelestarian LH.

RW 07 Kelurahan Tlogomas memperoleh Penghargaan ‘Proklim Utama 2019″ karena telah memenuhi seluruh kriteria, diantaranya Aksi Mitigasi melalui penanaman tanaman penyerap karbon (konservasi tanaman bambu), keanekaragaman hayati flora, pemilahan sampah, memiliki IPAL komunal untuk limbah domestik, dan program Ramah LH yg dibudidayakan di level RW.

Pada tingkat Aksi Adaptasi, telah memiliki/membangun banyak Sumur resapan untuk konservasi air. Sedangkan pada Aksi Resilient/ketangguhan, RW 07 Tlogomas telah memiliki sistem tanggap darurat bencana perubahan iklim, memiliki sentra urban farming, memiliki banyak kader kesehatan yg tanggap terhadap fenomena perubahan iklim, dan mampu membangun partisipasi aktif seluruh segmen masyarakat tingkat RW utk program program pelestarian lingkungan hidup.

Wali Kota Malang, Sutiaji, pada kesempatan berbeda menyampaikan apresiasi serta selamat kepada segenap warga RW 07 kelurahan Tlogomas. “Pemerintah Kota Malang menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja nyata dan sumbangsih yang diberikan warga, sehingga kembali kota Malang harum namanya di pentas nasional. Lebih daripada itu, ini makin menegaskan betapa kuatnya peran serta dan partisipasi aktif masyarakat dalam derap pembangunan di bhumi Arema ini. Ini juga wujud konkrit dari langkah pentahelix pada peta jalan pembangunan kota, “ujar Sutiaji dalam mengapresiasi penghargaan kampung Pro Klim. Bagi Pemda, penghargaan Proklim cermin keberhasilan pembinaan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan Iklim di tingkat Tapak.

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment